Sebelumnya sudah lama tidak ketemu, jadi untuk pelepas kangen sama keluarga
Nusa Dua (ANTARA) - Pada perhelatan ajang bulu tangkis terbesar di Tanah Air bertajuk Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021, terlihat sejumlah atlet mengajak keluarga mereka untuk ikut tinggal dalam pranata gelembung turnamen yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Berdasarkan pantauan Antara di lokasi, pebulu tangkis yang mengajak pasangan dan anaknya untuk tinggal di dalam gelembung antara lain Viktor Axelsen dari Denmark, serta atlet nasional seperti ganda putra seperti Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, dan Marcus Fernaldi Gideon.

Menurut Ahsan, keputusannya mengajak istri, anak serta pengasuh bayi ke Nusa Dua tak lain sebagai media melepas kangen setelah dua bulan berlaga di turnamen Eropa sejak bulan September.

"Sebelumnya sudah lama tidak ketemu, jadi untuk pelepas kangen sama keluarga. Mungkin kalau tidak ajak mereka bisa tambah lama tidak ketemunya," kata Ahsan saat ditemui di Nusa Dua Bali, Jumat.

Selain untuk melepas rindu, keikutsertaan keluarga juga bisa menjadi penyemangat selama menjalani pertandingan di dua atau tiga turnamen di Bali.

Sehubungan dengan pranata gelembung yang mengharuskan semua peserta dan tamu tidak bersinggungan dengan lingkungan luar, Hendra/Ahsan menuturkan bahwa keluarga mereka tidak bermasalah dengan peraturan tersebut.

Baca juga: Fasilitas menarik disiapkan di gelembung Indonesia Badminton Festival

"Kalau soal ikut di dalam 'bubble' ya menurut saya biar saja, supaya mereka ikut merasakan suasana gelembung seperti apa," kata Ahsan yang kemudian diikuti tawa.

Hendra pun menambahkan, meski tinggal bersama di dalam gelembung IBF 2021 sedikitnya hingga dua pekan ke depan, namun bisa dipastikan anggota keluarganya tidak merasa bosan karena banyak fasilitas hiburan yang bisa dimanfaakan seperti studio film, kolam renang, area pantai hotel hingga kegiatan prakarya.

Ia pun membandingkan dengan pranata gelembung yang pernah ia ikuti selama ini. Menurut Hendra, gelembung IBF 2021 lebih ketat dibanding saat berlaga di turnamen Eropa.

Baca juga: 256 pebulu tangkis dunia ramaikan pembukaan IBF 2021 di Bali

Saat di turnamen Eropa, peserta turnamen masih bisa keluar dari hotel untuk mencari makanan atau sejenak mencari udara segar namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Akan tetapi gelembung terberat terjadi di Thailand di bulan Januari 2021, karena semua peserta tidak dibolehkan untuk keluar dari kamar hotel selama masa isolasi satu minggu.

"Di Thailand itu benar-benar 'bubble', di sana kami selama satu minggu tidak boleh keluar kamar. Makanan pun diantar, kami di dalem kamar saja. Tidak boleh latihan juga, kalau di sini kan ada area untuk latihan jadi masih boleh keluar kamar buat latihan," pungkas Hendra.

Baca juga: Hendra/Ahsan masih butuh adaptasi latihan setelah kembali ke Tanah Air
Baca juga: Jonatan Christie beri masukan soal zona latihan IBF 2021

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021