Bangkok (ANTARA) - Kasus COVID-19 Thailand seluruhnya mencapai 2 juta pada Jumat, saat pemerintah baru saja menghapus pembatasan perjalanan bagi wisatawan asing penerima vaksin dalam upaya memulihkan ekonomi.

Sebanyak 7.305 kasus baru tercatat dalam 24 jam terakhir, sehingga totalnya mencapai 2.004.274 kasus, menurut kementerian kesehatan.

Tiga bulan sebelumnya negara Asia Tenggara itu mencatat 1 juta kasus COVID-19. Lonjakan kasus selama berbulan-bulan terutama disebabkan oleh penyebaran COVID-19 varian Delta.

Baca juga: Thailand akan miliki 140 juta dosis vaksin COVID-19 tahun ini

Akan tetapi, tingkat infeksi COVID-19 di negara itu melambat sejak bulan lalu berkat laju vaksinasi yang cepat. Menurut data resmi, hampir separuh dari 69 juta populasi Thailand sudah mendapatkan vaksin COVID-19 lengkap.

Kantor Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Thailand melalui laporan terbaru menyebutkan bahwa meski kontrol perbatasan telah dilonggarkan, jumlah infeksi di negara tersebut berkurang setiap pekannya.

Namun, pihaknya memperingatkan bahwa kasus virus corona masih menyebar di seluruh Thailand dan tingkat vaksinasi COVID-19 saat ini dianggap belum cukup untuk mencegah potensi wabah.

Sumber: Xinhua

Baca juga: Palang Merah Thailand mulai vaksinasi pekerja migran
Baca juga: Thailand akan dibuka lagi bagi pengunjung yang telah divaksin

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021