DPR harapkan hubungan Indonesia-Amerika Serikat berikan manfaat

DPR harapkan hubungan Indonesia-Amerika Serikat berikan manfaat

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Putu Supadma Rudana. ANTARA/Komang Suparta/am.

Kongres Amerika Serikat berkeinginan untuk terus bekerja sama dengan Indonesia supaya kita bisa mengalahkan COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana berharap hubungan baik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) dapat terus memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi warga kedua negara.

"Dalam momentum ini kami berharap hubungan akan lebih baik lagi antara parlemen Indonesia dan Amerika. Hubungan antara kedua bangsa dan masyarakatnya lebih meningkat sehingga dapat memberikan manfaat serta kesejahteraan seluas-luasnya bagi warga kedua negara," kata Putu dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.

Putu mengatakan hal itu usai mendampingi Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Paulus menerima kunjungan Ketua Subkomite DPR AS untuk Asia Pasifik dan Nonprofiliasi Ami Bera.

Ia menjelaskan bahwa pertemuan antara parlemen Indonesia dan AS di Gedung DPR RI merupakan momentum yang baik karena tantangan pada masa pandemi COVID-19 tidak mudah menghadapinya.

Menurut dia, ke depannya Indonesia dan AS perlu memberikan perhatian dalam peningkatan hubungan kedua negara.

"Amerika merupakan negara terbesar ketiga secara penduduk dan Indonesia adalah keempat. Namun, Indonesia dan Amerika adalah negara pertama dan kedua terbesar dalam bidang demokrasi," ujarnya.

Putu berharap ke depannya hubungan kedua negara dalam bidang demokrasi bisa ditingkatkan, yaitu bagaimana Amerika akan menjadikan Indonesia menjadi mitra utama di kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

Diharapkan pula bahwa hubungan kedua negara dapat ditingkatkan dalam hubungan perdagangan, kesehatan, dan pertahanan dapat ditingkatkan pada masa mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Ami Bera mengatakan bahwa sebenarnya rencana kunjungan tersebut sejak 6 bulan yang lalu. Namun, tertunda karena kondisi pandemi COVID-19.

Menurut dia, Indonesia dan Amerika menghadapi tantangan luar biasa terkait dengan pandemi ini. Kedua negara ke depannya harus bekerja bersama dengan lebih erat.

"Kongres Amerika Serikat berkeinginan untuk terus bekerja sama dengan Indonesia agar bisa menyediakan vaksin supaya kita bisa mengalahkan COVID-19," katanya.

Ami Bera menegaskan bahwa Indonesia memiliki peran penting di kawasan Asia Tenggara dan Amerika akan bekerja sama untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai, makmur, dan stabil bersama dengan Indonesia.

Dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Paulus didampingi, antara lain Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana, anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno, dan anggota Fraksi PDI Perjuangan Charles Honoris.

Baca juga: Puan serap aspirasi nelayan Banyuwangi

Baca juga: Sahroni: Permendikbudristek jawaban keresahan maraknya kasus kekerasan


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar