Jakarta (ANTARA) - GoTo sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia akan menghadirkan konferensi nasional secara virtual bertajuk "Konferensi Maju Digital" bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebagai sarana edukasi untuk mengembangkan usaha mereka sehingga mendorong pergerakan ekonomi nasional pascapandemi lebih maksimal.

"Ini sifatnya nasional dan memang sengaja kita lakukan secara digital. Jadi Konferensi Maju Digital ini merupakan inisiatif kami GoTo yang mengundang para pelaku UMKM di seluruh Indonesia, tidak hanya yang tergabung dalam ekosistem kami untuk mengikuti rangkaian kelas yang mengedukasi dan menginspirasi, membantu UMKM mengembangkan kapasitas masing-masing," ujar Chief Corporate Affairs Grup GoTo Nila Marita dalam konferensi pers virtual, Jumat.

Konferensi Maju Digital itu akan diselenggarakan secara virtual pada Sabtu, 13 November 2021 di lima kanal ekosistem GoTo seperti di YouTube Mitra Usaha Gojek, YouTube Tokopedia Seller, aplikasi GoPlay, layanan Tokopedia Play, serta Tokopedia Academy.

Baca juga: Pengguna Gojek dan Tokopedia kini bisa sambung kedua akun

Mengundang beragam narasumber yang berasal dari berbagai latar belakang mulai dari jajaran pemerintah hingga para pelaku UMKM yang telah mahir mengadopsi layanan digital, acara konferensi nasional Maju Digital itu diharapkan bisa memberikan ilmu baru tidak hanya bagi para perintis UMKM tapi juga bagi UMKM-UMKM eksis.

Beberapa narasumber ternama di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, CEO GoTo, Andre Soelistyo, serta narasumber dengan pengalaman yang dalam di sektor UMKM.

Dalam Konferensi Maju Digital itu akan disiapkan 11 sesi yang diselenggarakan dalam Bahasa Indonesia sehingga materi yang diberikan akan lebih mudah dimengerti oleh para pelaku UMKM.

"Ada banyak topik yang bisa diikuti, jadi mulai dari yang level pemula hingga sudah berpengalaman tapi masih ingin belajar lebih lanjut topik- topik ini kita bahas di Komferensi Maju Digital," ujar AVP of Product-Seller Experience Tokopedia Puput Hidayat.

Baca juga: Ekosistem Gojek diperkirakan berkontribusi Rp249 triliun

Adapun beberapa topik yang akan dibahas di antaranya mulai dari cara mengelola modal, ada juga kelas pemasaran atau branding promotion, hingga cara mengurus legalitas usaha akan dibahas dalam Konferensi Maju Digital.

Dengan adanya Konferensi Maju Digital, GoTo ingin menunjukkan kontribusi yang lebih nyata lagi bagi masyarakat Indonesia terkhusus para pelaku UMKM sehingga pemulihan dan pengembangan ekonomi nasional dapat berjalan dengan pesat.

Tercatat selama pandemi COVID-19, ekosistem GoTo mulai dari Gojek, Tokopedia, Gopay dan layanan lainnya telah menyumbang sebesar 1,6 persen untuk PDB nasional.

Bagi pelaku UMKM yang tertarik untuk mengikuti Konferensi Nasional Maju Digital itu dapat mendaftarkan diri secara daring dan tanpa dipungut biaya melalui Tokopedia Academy.

Baca juga: GoTo raih pendanaan pra-IPO senilai 1,3 miliar dolar AS

Baca juga: Gojek dan Tokopedia akan ambil langkah hukum terkait merek GoTo

Baca juga: Pakar nilai merek GoTo milik Gojek & Tokopedia sudah sesuai ketentuan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021