ACT bantu evakuasi korban banjir di Serdang Bedagai Sumut

ACT bantu evakuasi korban banjir di Serdang Bedagai Sumut

Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Medan menurunkan tim untuk menyalurkan bantuan sekaligus mengevakuasi korban banjir di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. ANTARA/HO.

Ini kali kedua kami membantu evakuasi warga yang terjebak banjir di Kabupaten Serdang Bedagai yang terjadi sejak dua pekan lalu
Medan (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Medan menurunkan tim untuk menyalurkan bantuan sekaligus membantu evakuasi korban banjir di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
 
"Ini kali kedua kami membantu evakuasi warga yang masih terjebak banjir di Kabupaten Serdang Bedagai yang terjadi sejak dua pekan lalu," kata Kepala Program ACT Medan Muharram Dani di Medan, Jumat.
 
ACT juga membangun posko kemanusiaan untuk menampung logistik yang dikumpulkan dari para donatur ACT dan juga para relawan kemanusiaan.

Baca juga: Banjir di Serdang Bedagai Sumut rendam empat kecamatan
 
Posko kemanusiaan ACT tersebut berada di Desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.
 
“Posko kemanusiaan ini dibangun untuk membantu para korban banjir. Harapan kami agar dapat mengurasi rasa sedih masyarakat yang terdampak banjir," ujarnya.
 
Dani menyebutkan kondisi terkini ketinggian air di pemukiman warga yang terdampak banjir mencapai 25 centimeter hingga 80 centimeter.

Baca juga: Puting beliung rusak 34 rumah warga desa di Serdang Bedagai Sumut
 
"Beberapa warga malah sudah ada yang mengungsi ke posko darurat, namun masih ada juga warga yang tetap bertahan di dalam rumah," katanya.
 
Sebelumnya, banjir merendam wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara sejak awal November 2021 akibat luapan sungai di daerah tersebut, karena tingginya intensitas hujan.

Baca juga: Genangan rob di Dadap Kabupaten Tangerang mulai surut
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deli Serdang melaporkan sebanyak 5.469 KK atau 8.843 jiwa yang tersebar di empat kecamatan terdampak banjir.
 
Empat kecamatan yang terdampak banjir adalah Kecamatan Sei Rampah, Kecamatan Tanjung Beringin, Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Sipispis.

Baca juga: Hujan deras picu banjir bandang di Pacitan Jatim

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

ACT terjunkan tujuh tenaga medis bantu korban APG Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar