Posisi itu tepatnya di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada kedalaman 81 km
Medan (ANTARA) - Gempa bumi tektonik terjadi pada Jumat, pukul 17.44 WIB di wilayah Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, dengan magnitudo 5,1 tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis diterima di Medan, Jumat, menyebutkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,32° LU ; 98,84° BT.

Posisi itu tepatnya di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 81 km.

Baca juga: Periset BRIN teliti heterogenitas kerak bumi untuk mitigasi gempa

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis menengah akibat aktivitas subduksi.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pinangsori dan Padang Sidempuan III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu ), Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Nias pada skala II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Baca juga: BMKG tingkatkan pemahaman tentang informasi gempa di Manggarai Barat

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca juga: Gempa kedalaman 13 km guncang wilayah Lasalimu Kabupaten Buton Sultra

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi

Baca juga: BMKG catat 28 kali gempa susulan guncang Kabupaten Poso
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021