Jakarta (ANTARA) - Pelatih anyar Barcelona, Xavi Hernandez memberi lampu hijau klubnya memulangkan bek kanan veteran asal Brazil Dani Alves, menurut laporan Marca pada Jumat.

Beberapa hari terakhir, sejumlah kabar mengatakan bahwa Dani Alves membuka pintu untuk kembali mengenakan seragam Barcelona, tetapi itu tergantung dengan keputusan Xavi.

Dani Alves menjalani karier yang sukses bersama klub Katalunya tersebut dengan meraih 22 trofi, termasuk tiga Liga Champions.

Baca juga: Dani Alves sampaikan selamat kepada skateboarder muda Brazil

Barcelona dikabarkan hanya tinggal menyepakati soal gaji pemain berusia 38 tahun tersebut.

Bila bergabung, Dani Alves akan menjadi perekrutan pertama Barcelona di era Xavi Hernandez. Menariknya, Alves juga menjadi salah satu pembelian pertama Barcelona saat Pep Guardiola ditunjuk sebagai pelatih tim utama pada musim 2008-09.

Xavi dinilai akan mengandalkan pengalaman serta kepemimpinan Alves di Barcelona. Dia juga menjadi solusi bagi masalah kedalaman di bek kanan.

Saat ini Barcelona hanya memiliki satu bek kanan murni yaitu Sergino Dest, dengan Sergi Roberto awalnya bermain di lini tengah sebelum digeser ke kanan dan Oscar Mingueza awalnya bermain sebagai bek tengah.

Selain pengalamannya memenangi trofi di Camp Nou, mantan pemain timnas Brazil itu juga bermain di level tinggi di seluruh dunia.

Alves pernah membela Juventus dan Paris Saint-Germain sebelum kembali merumput di Brazil bersama Sao Paulo. Namun, dia sudah tidak bermain sepak bola sejak September setelah memutuskan kontraknya dengan klub Brazil tersebut.

Baca juga: Dani Alves anggap Messi sama besarnya dengan Barcelona
Baca juga: Dani Alves samakan Barcelona musim 2014/15 dengan Muhammad Ali

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021