Inflasi melonjak ke level tertinggi dalam 31 tahun), membuat semua orang membicarakannya.
New York (ANTARA) - Saham-saham di Bursa Efek New York, Wall Street, Amerika Serikat dibuka lebih tinggi pada perdagangan hari Jumat, ditopang oleh penguatan saham perawatan kesehatan.

Sesaat setelah bel pembukaan, Indeks Dow Jones Industrial Average meningkat 88,77 poin, atau 0,25 persen, menjadi 36.010,00. Indeks S&P 500 bertambah 9,28 poin, atau 0,20 persen, menjadi 4.658,55. Indeks Komposit Nasdaq menanjak 42,80 poin atau 0,27 persen menjadi 15.747,09.

Tujuh dari 11 sektor utama Indeks S&P 500 menguat pada perdagangan pagi, dengan sektor perawatan kesehatan naik 0,4 persen, memimpin keuntungan. Sedangkan sektor diskresi konsumen turun 0,6 persen, menjadi kelompok dengan kinerja terburuk.

Investor sedang menunggu data tentang lowongan pekerjaan AS pada September dan indeks sentimen konsumen Universitas Michigan, yang keduanya dijadwalkan pada hari Jumat.
Baca juga: Wall Street ditutup merosot, tertekan ancaman inflasi jangka panjang


Saham-saham AS berada di bawah tekanan minggu ini, karena pasar masih belum pulih dari kejutan laporan inflasi utama di negara itu.

"Laporan inflasi Rabu yang lebih panas dari perkiraan (CPI menunjukkan inflasi melonjak ke level tertinggi dalam 31 tahun), membuat semua orang membicarakannya," kata Wakil Presiden Eksekutif Zacks Investment Research Kevin Matras dalam sebuah catatan pada Jumat.

"Sementara beberapa tekanan inflasi saat ini memang terkait dengan pandemi dan bersifat sementara, tekanan lain terlihat kurang sementara dan bisa bersama kita untuk jangka waktu yang panjang," katanya lagi.
Baca juga: Wall Street ditutup beragam, indeks S&P 500 dan Nasdaq sedikit menguat

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021