Sport Tourism

Pemkot-Pemkab Kediri sinergi gelar "Kelud UpHill Challenge 2021"

Pemkot-Pemkab Kediri sinergi gelar "Kelud UpHill Challenge 2021"

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kiri) dengan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kota Kediri dan Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, saling sinergi menyelenggarakan event sepeda nasional Kelud UpHill Challenge (KUC) 2021 dengan mengambil start di Lapangan Gajah Mada, Kota Kediri dan finish di Pos 2, kawasan wisata Gunung Kelud (1.731 mdpl), Kabupaten Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat. Dirinya juga menaruh harapan besar terhadap penyelenggaraan kegiatan sepeda nasional ini, mengingat pandemi COVID-19 telah membuat ekonomi Kota Kediri terkontraksi begitu dalam.

"Ini adalah upaya kami agar ekonomi kembali pulih melalui event pariwisata bersepeda, semoga juga berdampak pada Kabupaten Kediri yang menjadi lokasi titik finish para peserta," katanya di Kediri, Jumat.

Kegiatan tersebut akan digelar pada Sabtu (13/11) yang akan diikuti oleh 291 pesepeda nasional. Kegiatan mengambil start di Lapangan Gajah Mada, Kota Kediri dan finish di Pos 2, kawasan wisata Gunung Kelud (1.731 mdpl), Kabupaten Kediri.

Wali Kota juga mengatakan, para peserta akan menginap di hotel-hotel wilayah Kota Kediri, sehingga akan membawa dampak ekonomi.

"Sementara bonus bagi Kabupaten Kediri mereka (peserta) akan mengenal lokasi wisata Gunung Kelud yang eksotis dan jalur bersepeda yang penuh dengan pemandangan alam yang indah. Kedua belah pihak akan diuntungkan, baik kota dan kabupaten," ujar Mas Abu, sapaan akrabnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini sebenarnya direncanakan berlangsung pada Juni 2021, namun karena kasus COVID-19 cukup tinggi akhirnya ditunda.

"Seharusnya event ini akan berlangsung pada Juni 2021, namun saat itu level COVID-19 sedang tinggi-tingginya, maka kami tunda. Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mendukung pemda untuk bikin event saat ini agar perekonomian kembali pulih," ujar Mas Abu.

Sementara itu, sesuai dengan jadwal, dari 291 peserta "Kelud UpHill Challenge 2021" tersebut akan dibagi menjadi delapan kategori, dengan start pukul 05.30 WIB. Dari Kota Kediri, peserta melaju hingga di Pos 1 Polsek Wates, Kabupaten Kediri.

Setelah itu, peserta akan mengikuti race yang sebenarnya menuju Pos 2 Gunung Kelud. Dari delapan kategori itu akan ditentukan lima orang pemenang setiap kategori. Sesuai dengan rencana lomba diperkirakan akan selesai pada pukul 10.00 WIB.

Wali Kota berharap seluruh yang terkait mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, karena saat ini masih pandemi COVID-19. Selain itu, dalam kegiatan ini nantinya tidak ada penyerahan piala atau pengalungan medali bagi pemenang. 


Baca juga: Luncurkan dua logo, ITDC-MGPA siap gelar "sport tourism" di Mandalika
Baca juga: KONI Jayapura dorong pariwisata olahraga selepas PON Papua
Baca juga: Milenial Kediri suka pariwisata dan kuliner isi platform media sosial

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar