Jakarta (ANTARA) - Pengadilan California akhirnya menghentikan konservatori atau perwalian Britney Spears setelah berjalan selama 13 tahun.

"Pengadilan menemukan dan menentukan bahwa konservatori orang dan harta milik Britney Jean Spears tidak lagi diperlukan," ujar Hakim Brenda Penny dilansir Variety, Sabtu.

Sidang tersebut berlangsung dengan singkat dan berjalan lancar karena semua pihak telah menyetujui penghentian konservatori. Britney sendiri tidak hadir dalam persidangan.

Pengacara Britney, Mathew Rosengart berbicara kepada hakim dengan membaca kesaksian kliennya yang disampaikan pada bulan Juni dengan menyatakan keinginannya untuk mengakhiri konservatori tanpa evaluasi.

"Catatannya jelas. Waktunya telah tiba hari ini," kata Rosengart.

Baca juga: Ayah Britney Spears dikeluarkan dari konservatori

Rosengart dan pengacara konservator sementara Jody Montgomery dan Laurie Ann Wright, mengatakan bahwa mereka telah mengajukan rencana penghentian di bawah meterai pada Senin lalu.

Meskipun rinciannya tidak diungkapkan di ruang sidang, Rosengart mengatakan kepada hakim bahwa dia telah memasang "jaring pengaman" yang baik di sisi pribadi maupun finansial.

"Kami telah terlibat dalam transisi kekuasaan yang teratur," kata Rosengart.

Meski konservatori sepenuhnya dihentikan, tetapi akuntan John Zabel, yang menggantikan ayah Britney, Jamie Spears setelah penangguhannya, akan memiliki kekuasaan terbatas dan bersifat administratif sebagai bagian dari rencana penghentian.

Tugas Zabel akan mencakup kuasa pelaksanaan perwalian harta dan kuasa untuk mentransfer aset di luar perwalian ke perwalian. Selain Zabel, konservator pribadi penyanyi itu, Montgomery, juga akan terus bekerja sama dengan Spears, seperti yang dilaporkan sebelumnya.

"Montgomery akan tinggal dalam hidupnya, Montgomery akan ada untuknya. Nona Spears dapat menjalani kehidupan yang aman, bahagia, dan memuaskan setelah konservatori ini" ujar Rosengart.

Sidang tambahan telah ditetapkan pada 8 Desember dan 19 Januari.

Pengadilan yang berlangsung pada Jumat (12/11) waktu setempat, menandai sidang paling penting bagi bintang tersebut, yang telah hidup di bawah konservatori di mana ayahnya bertindak sepenuhnya atas harta dan diri Britney sejak tahun 2008.

Britney terus bekerja bertahun-tahun dan menghasilkan ratusan juta dolar namun tetap berada di bawah konservatori.

Ketika penggemarnya di seluruh dunia mulai bertanya-tanya tentang keberadaan dan minat terbaiknya, desas-desus menyebar secara online bahwa Spears ditahan di luar kehendaknya, dan gerakan #FreeBritney lahir.

Baca juga: Britney Spears ungkap kekhawatiran setelah konservatori berakhir

Baca juga: Adik Britney Spears akan rilis buku terbarunya pada Januari 2022

Baca juga: Britney Spears berterima kasih pada fans untuk gerakan #FreeBritney




 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021