Banjarmasin (ANTARA) - Dari sebanyak 41 medali emas, 16 medali diantaranya diraih cabang olahraga renang National Paralympic Commite (NPC) Provinsi Kalimantan Selatan pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke-XVI tahun 2021 di Provinsi Papua.

Pelatih Renang NPC Kalsel Zuhriannor atau lebih akrab disapa Pak Ateng saat dihubungi di Papua, Sabtu, menyatakan bangga terhadap prestasi yang ditorehkan para atletnya di Paparnas Papua yang resmi berakhir hari ini, dari 6 November 2021. "Yang jelas sebagai pelatih, kami sangat bangga walau pun dalam keterbatasan semangat mereka untuk berprestasi sangat tinggi," ujarnya.

Cabang olahraga renang yang dipegangnya sebagai pelatih, telah meraih medali emas terbanyak bagi kontingen NPC Kalsel pada Paparnas Papua ini, dari 10 cabang olahraga yang diikuti Kalsel.

Baca juga: Kalsel duduki peringkat empat klasemen sementara Peparnas Papua "Kalau raihan medali emas pada Paparnas Papua ini sama banyaknya dengan Paparnas sebelumnya di Jawa Barat (2016), tapi medali perak dan perunggu lebih banyak kali ini," tuturnya.

Pak Ateng menyampaikan, sampai berakhirnya pertandingan cabang olahraga renang hari ini, timnya meraih sebanyak 16 medali emas, 9 medali perak dan 10 medali perunggu. Adapun atlet yang diturunkannya pada Paparnas Papua ini sebanyak 25 orang.

"Semua sudah berjuang dengan sangat baik, tentunya tidak hanya kami sebagai pelatih yang bangga, tapi juga masyarakat Kalsel," ujarnya. Dia pun menyampaikan terimakasih kepada dukungan besar dan doa dari masyarakat Kalsel hingga kontingen NPC Kalsel bisa berjaya dievent akbar olahraga nasional bagi kaum disabilitas ini.

Bahkan disampaikan dia sebelumnya, ada dua atletnya yang bisa memecahkan rekor nasional, yakni, Norlatifah untuk nomor pertandingan 50 meter gaya punggung putri dan Mulyadi untuk nomor pertandingan 100 meter gaya dada putra.

Baca juga: Dua perenang Kalsel pecahkan rekor di Peparnas Papua Norlatifah klasifikasi S9 berhasil mencatat rekor waktu pada pertandingan Paparnas Papua ini 00.43.83 sementara rekor nasional itu 00.43,83 detik.

Sementara itu, Mulyadi klasifikasi S6 mencatatkan rekor waktu pada pertandingan Paparnas Papua ini 1.49,49 menit. Sementara itu rekor nasional itu 1.48,58 menit. Untuk keseluruhan perolehan medali kontingen Kalsel pada Paparnas Papua ini, yakni, sebanuak 133 medali. Dengan rincian, 41 emas, 43 perak dan 49 perunggu. Kalsel bertengger di peringkat 4 klasemen Paparnas Papua.

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021