Tentunya Penjabat Gubernur benar-benar menjadi figur yang netral dalam penyelenggaraan pilkada
Jakarta (ANTARA News) - Mendagri Gamawan Fauzi mengingatkan Penjabat Gubernur Sulawesi Tengah, Achmad Tanribali Lamo, untuk menjaga netralitas selama memfasilitasi penyelenggaraan pemilu kepala daerah di provinsi itu.

Mendagri setelah melantik Penjabat Gubernur Sulteng di Gedung Kementerian Dalam Negeri di Jakarta Kamis mengingatkan tugas Tanribali Lamo untuk memfasilitasi penyelenggaraan pilkada dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur definitif periode 2011-2016.

"Tentunya Penjabat Gubernur benar-benar menjadi figur yang netral dalam penyelenggaraan pilkada," katanya.

Tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng sedang dalam proses. Rencananya, pemungutan suara akan dilaksanakan pada 6 April 2011.

Selain mengingatkan tentang penyelenggaraan pilkada, Mendagri juga mengingatkan Penjabat Gubernur Sulteng untuk memfasilitasi dan menjamin terselenggaranya fungsi-fungsi pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat secara akuntabel dan transparan.

Mendagri juga mengingatkan agar Tanribali membangun komunikasi dan koordinasi, serta konsultasi dengan DPRD dan unsur forum koordinasi pimpinan daerah provinsi, para bupati/wali kota, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Terakhir, Gamawan meminta agar Tanribali menjaga suasana yang kondusif dan terus menyuarakan, serta sosialisasi nilai-nilai demokrasi dalam menyikapi penyelenggaraan pilkada.

"Dan, menghormati siapa pun pasangan yang akan terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng masa jabatan 2011-2016 sebagai sebuah hasil pilihan rakyat melalui proses demokrasi," katanya.

Pengakuan dan penghormatan terhadap hasil pilkada ini menjadi penting untuk stabilitas dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Sulteng selama lima tahun ke depan, ujar Mendagri.

Achmad Tanribali Lamo ditetapkan sebagai Penjabat Gubernur Sulteng sesuai Keputusan Presiden No. 17/P Tahun 2011, tertanggal 23 Maret. Tanribali menjalankan tugasnya sebagai Penjabat Gubernur Sulteng hingga gubernur dan wakil gubernur definitif terpilih.

Tanribali lahir di Watampone 15 November 1952. Saat ini, ia masih menjabat sebagai Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemdagri.

Sementara itu, masa jabatan Gubernur Sulteng HB Paliudju dan Wagub Achmad Yahya periode 2006-2011 telah berakhir pada 24 Maret 2011. Keduanya kembali maju sebagai kandidat pada Pilkada Sulteng.

(H017/A041/S026)



(T.H017/B/A041/C/A041) 31-03-2011 11:35:22

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011