Palu (ANTARA) - Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencatat tingkat kesembuhan pasien yang terpapar COVID-19 di provinsi itu naik menjadi 96,49 persen.

Juru Bicara Pusdatina COVID-19 Provinsi Sulteng Adiman menerangkan secara kumulatif dari total 47.082 orang yang terkonfirmasi telah terpapar COVID-19, sebanyak 45.428 orang diantaranya dinyatakan telah sembuh.

"Sementara itu 1.597 pasien COVID-19 dinyatakan meninggal dunia atau 3,39 persen dari total pasien yang terpapar COVID-19," katanya di Kota Palu, Sabtu malam.

Prosentase kasus aktif COVID-19 di Sulteng turun tinggal 0,12 persen atau 57 pasien yang masih menjalani karantina secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Pasien aktif COVID-19 di Sulawesi Tengah tersisa 58 orang

Baca juga: Gubernur Sulteng minta bupati dan wali kota fokus percepatan vaksinasi


"Kita berharap tingkat kesembuhan pasien COVID-19 terus naik sehingga Sulteng bisa keluar dari pandemi COVID-19," ujarnya.

Hari ini, kata Adiman, dua orang, masing-masing satu orang di Kabupaten Sigi dan satu orang di Donggala terkonfirmasi positif COVID-19.

Dia meminta masyarakat mendukung tim pengawas dinas kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Selain itu, warga diimbau menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19 secara ketat.

"Pencegahan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.*

Baca juga: Pasien COVID-19 yang sembuh di Sulteng bertambah menjadi 45.417 orang

Baca juga: Kapolres Parigi Moutong janji gandeng pemda percepat vaksinasi

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021