Peparnas

Round up - Jokowi dan kesuksesan tuan tuan rumah juarai Peparnas XVI

Oleh Bayu Kuncahyo

Round up - Jokowi dan kesuksesan tuan tuan rumah juarai Peparnas XVI

Presiden Joko Widodo (kiri) menyapa atlet Peparnas dan penonton saat berkunjung di GOR Cendrawasih, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Sabtu, secara resmi menutup pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua yang sebelumnya dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf di tempat yang sama pada Jumat (5/11).

Seremoni penutupan ini tidak kalah meriahnya dengan pembukaan. Berbagai kesenian daerah yang dipadukan dengan modern digabung dan membuat masyarakat yang hadir begitu menikmati suguhan yang belum tentu hadir kembali dalam waktu dekat.

"Maka dengan mengucap syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa, dengan mengucap Alhamdulillahirobbilalamin, malam hari ini Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua 2021 secara resmi saya tutup, sampai berjumpa di Sumatera Utara dan Aceh," kata Presiden Joko Widodo.

"Selamat kepada para atlet utamanya sekali lagi atlet papua yang telah menunjukkan prestasinya kesimpulannya bukan hanya 'Torang Bisa' tetapi 'Torang Hebat'," kata Presiden menambahkan.

Baca juga: Presiden Jokowi: Peparnas XVI Papua tunjukkan "Torang hebat"

Peparnas XVI Papua mempertandingkan 12 cabang olahraga yakin angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CR, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja. Pelaksanaannya sendiri terpusat di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Sebelum menutup kejuaraan khusus untuk atlet disabilitas itu, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga sempat melihat secara langsung pertandingan final judo dan bulu tangkis.

Di lokasi pertandingan judo, Presiden Jokowi mengapresiasi pelaksanaan Peparnas meski pelaksanaannya mundur satu tahun dari jadwal sebelumnya karena pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum sepenuhnya usai.

Baca juga: Presiden Jokowi apresiasi pelaksanaan Peparnas XVI Papua 2021

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua yang pertama telah sukses menyelenggarakan PON (Pekan Olahraga Nasiona) dan yang kedua telah sukses juga menyelenggarakan Peparnas dan di Peparnas Provinsi Papua menempati tempat yang paling atas,” kata Presiden Jokowi.

Sebelum melihat pertandingan, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri berbelanja tas tradisional masyarakat Papua, noken serta beberapa kerajinan asli Bumi Cenderawasih di Pasar Noken Taman Imbi, Jayapura.

Bagi Presiden Jokowi kehadirannya ke Papua ini adalah yang kedua dalam dua bulan terakhir setelah pada sebelumnya membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, 2 Oktober lalu.

Baca juga: Warga Papua apresiasi Presiden Jokowi tepati janji hadiri penutupan
Baca juga: Presiden Jokowi saksikan final bulu tangkis sebelum tutup Peparnas

Selanjutnya : Papua juara

Oleh Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ridwan Kamil berikan bonus kepada atlet Peparnas XVI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar