Satgas: Aceh Tamiang nol kasus COVID-19

Satgas: Aceh Tamiang nol kasus COVID-19

Arsip foto - Pasien COVID-19 menjalani perawatan di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. ANTARA/Ampelsa.

Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, menyatakan daerah itu nol kasus harian virus corona sejak beberapa hari terakhir.

"Aceh Tamiang nol kasus COVID-19 sejak tiga hari terakhir," kata Ketua Bidang Data dan Informasi Satgas COVID-19 Kabupaten Aceh Tamiang Agusliayana Devita di Aceh Tamiang, Minggu.

Selain nol kasus, Agusliayana mengatakan ada dua warga positif sudah selesai melaksanakan isolasi mandiri. Kini, kedua warga Karang Baru tersebut sudah dinyatakan negatif COVID-19.

Baca juga: Satgas: Kepri kembali nol kasus baru COVID-19

Agusliayana Devita mengatakan secara akumulasi warga Aceh Tamiang yang terkonfirmasi positif 1.766 orang, sembuh 1.624 orang, dan meninggal dunia 142 orang.

Agusliayana Devita menyebutkan kasus pertama COVID-19 di Kabupaten Aceh Tamiang pada 22 April 2020. Pasien pasien positif COVID-19 ketika itu terpapar dari klaster santri Pesantren Temboro, Jawa Timur.

Menurut Agusliayana, nihilnya kasus harian tidak terlepas vaksinasi yang gencar dilaksanakan di Kabupaten Aceh Tamiang. Hingga kini, hampir sebagian besar masyarakat di daerah itu sudah menerima vaksin COVID-19.

Baca juga: Makassar catat nol kasus COVID-19 selama sepekan

"Berdasarkan data Dinas Kesehatan Aceh Tamiang per 8 November 2021, total masyarakat divaksin sebanyak 147.917 orang. Sementara target sasaran vaksin di Kabupaten Aceh Tamiang sekitar 225 ribu orang lebih," kata Agusliayana.

Kendati angka positif COVID-19 nihil, Agusliayana mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumunan.

Baca juga: Ganjar minta disiplin prokes meski 19 daerah nol kasus COVID-19

"Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Selain itu juga vaksinasi guna mewujudkan kekebalan kelompok, sehingga penularan COVID-19 bisa ditekan," kata Agusliayana Devita.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah Aceh mulai vaksin booster, lansia prioritas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar