Jakarta (ANTARA) - Survei yang dilakukan Indonesia Survey Center (ISC) menyebut masyarakat menilai baik pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Mar'uf Amin.

Peneliti senior ISC Chairul Ansar menjelaskan riset itu dilakukan untuk membandingkan kinerja pemerintahan tahun 2021 dibandingkan tahun 2020 lalu.

"12,8 persen menilai jauh lebih baik, 45,3 persen menilai baik, 27,7 menilai biasa saja dan sisanya menilai buruk serta tidak menjawab," jelas Chairul saat memaparkan hasil survei secara daring di Jakarta, Minggu.

Chairul mengatakan penilaian baik itu didapatkan dari kesuksesan Jokowi serta kinerja para menterinya. Selain itu, anggaran yang besar dalam APBN menunjukkan besarnya perhatian Jokowi terhadap bidang kesehatan, ekonomi, pertahanan dan keamanan.

Survei itu juga melaporkan sejumlah persoalan yang harus mendapat penyeleseaian segera oleh pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, diantaranya bidang kesehatan terkait pengendalian COVID-19. Lalu, ketersediaan lapangan kerja, pemberantasan korupsi, kemiskinan hingga pertahanan dan keamanan.

Riset Indonesia Survey Center dilaksanakan dengan mewawancarai langsung 1.520 responden yang telah memiliki hak pilih di 34 provinsi pada 7 hingga 21 Oktober 2021. Penelitian dilakukan menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin of error 2,5 persen dan level of confidence 95 persen.

Baca juga: CPCS: 61,7 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-Ma'ruf

Baca juga: Survei sebut masyarakat apresiasi kinerja Jokowi kendalikan COVID-19

Baca juga: Survei Y-Publica: Dipercaya dunia, publik puas kinerja Jokowi

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021