Anggota DPR: Pemerintah makin siap hadapi COVID-19 di akhir tahun

Anggota DPR: Pemerintah makin siap hadapi COVID-19 di akhir tahun

Ilustrasi. Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Dabo Singkep, Kepulauan Riau, Senin (25/10/2021). ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI Wenny Haryanto menilai pemerintah sudah semakin siap dalam menghadapi pandemi COVID-19 di akhir tahun 2021 jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk akhir tahun 2021, saya yakin kita sudah jauh lebih siap jika nantinya ada kenaikan kasus masyarakat yang terpapar COVID-19," kata Wenny Haryanto melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Pendapat itu ia sampaikan karena melihat kebijakan pemerintah yang menerapkan protokol kesehatan bagi seluruh aktivitas masyarakat di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga terus memperkuat vaksinasi untuk seluruh warga.

Dengan adanya percepatan program vaksinasi tersebut diharapkan mampu mencegah terjadinya kenaikan atau lonjakan kasus COVID-19 serta menciptakan kekebalan komunal.

"Tidak hanya itu, pemerintah juga membatasi tempat wisata atau tempat hiburan sebanyak 75 persen dari kapasitasnya untuk menghindari terjadinya kerumunan," kata Wenny.

Di satu sisi, ia menilai berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk menekan laju COVID-19 tidak akan bisa berhasil tanpa adanya dukungan masyarakat.

"Kondisi saat ini sudah sangat baik karena masyarakat yang terpapar COVID-19 pun sudah turun," ujar dia.

Bersamaan dengan itu, masyarakat yang sembuh dari virus yang menyerang saluran pernapasan tersebut juga terus mengalami kenaikan. Hal itu dikarenakan setiap individu menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi yang telah disediakan oleh pemerintah.

Ia yakin program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah saat ini bisa mencapai target 70 persen di akhir 2021. Hal itu dikarenakan upaya-upaya maksimal terus dilakukan pemerintah untuk menyiapkan vaksin dan terdistribusi ke daerah-daerah.

Baca juga: Jokowi minta libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dikelola secara baik

Baca juga: Pemerintah waspadai penyebaran COVID-19 pada libur akhir tahun

Baca juga: Muhammadiyah minta masyarakat tahan keinginan liburan akhir tahun

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Aturan baru Dinas Pariwisata Denpasar untuk antisipasi Omicron

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar