Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu menyalurkan bantuan untuk korban banjir yang berada di kawasan Danau Sentarum di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Pemkab Kapuas Hulu akan selalu hadir untuk masyarakat dan saat ini kami salurkan bantuan dari pemerintah daerah dan pihak ketiga yang juga turut membantu masyarakat," kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, saat penyerahan bantuan di kawasan Danau Sentarum Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Wahyudi, penyerahan bantuan berupa paket sembako tersebut dilakukan secara simbolis kepada warga terdampak banjir di sejumlah desa kawasan Danau Sentarum diantaranya di Desa Vega, Laboyan, Tempurau, Sepandan, Lanjak Deras dan Pulau Majang.

Menurut dia, banjir di kawasan Danau Sentarum masih merendam rumah warga dan membuat aktivitas masyarakat cukup terganggu.

"Semoga bantuan yang kami salurkan ini dapat meringankan beban warga korban banjir, meski pun tidak seberapa, tetapi kami selalu berusaha hadir di tengah masyarakat," kata Wahyudi.

Baca juga: Debit air di Danau Sentarum Kapuas Hulu Kalbar meluap
Baca juga: Stok sembako Kapuas Hulu aman meski terkendala banjir di Sintang

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk saling menguatkan dan salin peduli terhadap sesama terutama warga terdampak banjir.

"Mari kita semua saling menguatkan saling peduli dan saling mendoakan untuk masyarakat kita yang mengalami musibah banjir," pesan Wahyudi.
Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis untuk warga terdampak banjir di Kawasan Danau Sentarum daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Humas Setda Kapuas Hulu/aa.

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu, Minggu (14/11) di Kapuas Hulu terdapat 10 kecamatan terendam banjir, namun tujuh kecamatan diantaranya mengalami banjir cukup parah dengan debit air satu hingga tiga meter dari permukaan tanah.

Tujuh kecamatan mengalami banjir tinggi yaitu Kecamatan Batang Lupar, Embaloh Hilir, Suhaid, Jongkong, Selimbau, Semitau dan Kecamatan Silat Hilir.

Banjir merendam 4.046 pemukiman penduduk dan 144 fasilitas, dengan 8.788 kepala keluarga atau 27.878 jiwa warga terdampak banjir.

Baca juga: Kencana Group bantu paket sembako korban banjir Kapuas Hulu
Baca juga: Banjir di Kapuas Hulu meluas, warga terdampak 20.113 jiwa
Baca juga: Banjir rendam lima kecamatan di Kapuas Hulu dan Silat Hilir terparah

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021