Jakarta (ANTARA) - Program televisi anak-anak “Sesame Street” akan memperkenalkan karakter boneka (muppet) Asia-Amerika bernama Ji-Young yang dirilis pada Kamis pekan depan (25/11) atau bertepatan dengan Hari Thanksgiving di Amerika Serikat.

Ji-Young secara resmi akan tampil di acara spesial bertajuk “See Us Coming Together: A Sesame Street Special” yang tayang di HBO Max, platform media sosial “Sesame Street”, dan stasiun televisi PBS. Simu Liu, Padma Lakshmi, dan Naomi Osaka juga termasuk di antara selebritas yang akan tampil dalam acara tersebut.

Wakil Presiden Eksekutif Creative and Production untuk Sesame Workshop, Kay Wilson Stallings, mengatakan bahwa kehadiran Ji-Young merupakan momentum yang lahir dari banyak diskusi setelah peristiwa kematian George Floyd pada tahun lalu dan insiden kebencian anti-Asia yang merebak di AS.

“Ketika kami tahu kami akan melakukan pekerjaan ini yang akan fokus pada pengalaman penduduk Asia dan Kepulauan Pasifik, kami tentu saja tahu bahwa kami juga perlu membuat muppet Asia,” kata Stallings kepada Associated Press, dikutip Senin.

Baca juga: Sesame Street angkat isu autisme dengan boneka baru

Direktur eksekutif Coalition for Asian American Children and Families, Vanessa Leung, menuturkan pihaknya menyambut baik atas kehadiran karakter Ji-Young. Menurutnya, karakter ini dapat merepresentasikan para imigran Asia-Amerika.

“Ini memicu rasa ingin tahu dan pemahaman awal tentang keragaman komunitas kami, keindahan dalam keragaman komunitas kami,” kata Leung yang berperan menjadi konsultan bagi Sesame Workshop tentang konten anti-rasisme.

Muppet Ji-Young dimainkan oleh dalang boneka Korea-Amerika, Kathleen Kim, yang telah menyelami dunia dunia boneka sejak usia 30-an.

“Saya merasa seperti punya beban pada diri saya sendiri untuk menyampaikan pelajaran ini dan menjadi perwakilan atas sesuatu yang tidak saya miliki saat masih kecil,” kata Kim.

Meski demikian, sesama dalang yang memerankan karakter Abby Cadabby telah mengingatkannya bahwa yang terpenting adalah tentang pesan yang akan disampaikan dalam “Sesame Street”. 

Dalam episode “See Us Coming Together” yang akan tayang, Ji-Young mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan karena seorang anak telah melontarkan cemoohan.

Ia merasa diberdayakan setelah penduduk Asia-Amerika lainnya di Sesame Street, bintang tamu, dan teman-temannya seperti Elmo telah memberi keyakinan bahwa dirinya sama seperti orang lain pada umumnya.

Nantinya, Ji-Young juga akan memperkenalkan kepada teman-temannya mengenai budaya Korea, salah satunya makanan. Ia digambarkan sebagai karakter yang gemar memasak berbagai hidangan, seperti tteokbokki bersama neneknya. Selain itu, Ji-Young juga ditampilkan sebagai anak perempuan yang gemar bermain gitar listrik dan skateboard.

Stallings menegaskan bahwa Ji-Young tidak hanya tampil untuk konten untuk merespon realita terkait dengan keadilan rasial. Ji-Young juga akan hadir di sepanjang musim ke-53 pada tahun depan serta muncul di berbagai program digital, live-action, dan animasi.

Baca juga: Linda Ronstadt, Sally Field, dan Sesame Street dapat penghargaan seni

Baca juga: Pengisi suara Big Bird Sesame Street meninggal dunia

Baca juga: Pencipta "Sesame Street" gugat distributor film "Happytime Murders"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021