Target kita untuk pembinaan atlet-atlet POSSI, apalagi wisatawan juga sudah ramai, (festival) diving juga mulai ada lagi
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang menggelar Sabang Open Diving Festival 2021 yang bertujuan untuk mengembangkan wisata bahari di pulau paling barat Indonesia itu di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Priwisata Kota Sabang Faisal, Senin, mengatakan selain bertujuan untuk pembinaan atlet-atlet Pesatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) se-Aceh, festival itu juga sebagai upaya mempromosikan kekayaan alam bawah laut yang dimiliki Pulau Weh.

“Target kita untuk pembinaan atlet-atlet POSSI, apalagi wisatawan juga sudah ramai, (festival) diving juga mulai ada lagi,” kata Faisal saat dihubungi dari Kota Banda Aceh.

Ia menjelaskan Sabang Open Diving Festival 2021 akan diikuti seluruh anggota POSSI kabupaten/kota di daerah berjuluk Tanah Rencong itu.

Memang, kata dia, festival diving tersebut digelar Dinas Pariwisata Sabang sebagai promosi wisata, namun para atlet berprestasi dalam ajang itu nantinya akan mendapat pembinaan melalui KONI kabupaten/kota atau provinsi.

“Festival ini khusus menjaring prestasi baru, bibit-bibit baru. Siapa yang punya prestasi nanti kita arahkan ke KONI bagaimana pembinaannya,” kata Faisal.

Sebelum pandemi COVID-19, lanjut Faisal, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh juga telah menggelar Aceh Internasional Diving Festival dan Championship, dengan tujuan untuk memperkenalkan wisata bahari Sabang.

Namun, kata dia, hajatan pemerintah provinsi tersebut terpaksa ditiadakan dalam dua tahun terakhir akibat wabah pandemi COVID-19. Kini, Pemko Sabang memulai kembali festival wisata itu guna membangun daya tarik wisatawan.

Seiring kasus COVID-19 terus menurun, Faisal berharap, kunjungan wisatawan ke Pulau Weh terus meningkat, dan juga akan lebih banyak kegiatan lain yang dapat digelar dalam upaya mendongkrak perekonomian masyarakat.

Sabang Open Diving Festival 2021 akan digelar pada 20-21 November 2021 di Pantai Gapang, Kota Sabang. Total hadiah yang diperebutkan sebanyak Rp56 juta, untuk dua kategori lomba meliputi Oba 5 point bagi putra dan putri serta finswimming 2.000 meter untuk putra.

Baca juga: Wisata domestik padati objek wisata di Sabang

Baca juga: DPRA: Kapal Aceh Hebat 2 mudahkan wisatawan ke Sabang

Baca juga: Sejarah militer menarik diangkat untuk wisata bahari kapal pesiar Sabang

Baca juga: Layanan pariwisata Sabang diharapkan berstandar tinggi

 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021