Masyarakat antusias dengan dibukanya Posyandu ini
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan (Dinkes) Jakarta Pusat mengizinkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk membuka kembali layanan bagi ibu dan anak di bawah lima tahun (balita), seiring dengan penyesuaian ketentuan PPKM level satu di Ibu Kota.

Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari menjelaskan bahwa pembukaan kembali Posyandu dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan PPKM level satu, kita sudah mengizinkan Posyandu untuk melakukan penimbangan kepada balita dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Erizon saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Erizon menjelaskan bahwa layanan Posyandu bergantung pada kesediaan tenaga medis di Puskesmas kecamatan setempat.

Hal itu karena sejumlah tenaga medis masih diperbantukan untuk percepatan layanan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Mencegah stunting di ibu kota

Sementara itu, Kecamatan Sawah Besar juga telah membuka kembali layanan Posyandu untuk ibu dan balita di Sekretariat RW 03 Kelurahan Kartini.

Sekretaris Kelurahan Kartini, Amirudin, mengatakan kini Posyandu dapat dijangkau kembali oleh masyarakat, setelah vakum selama kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta meningkat.

"Kami lihat warga silih berganti berdatangan membawa anaknya untuk diperiksa. Masyarakat antusias dengan dibukanya Posyandu ini," kata Amirudin di Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Amirudin menilai Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang dilaksanakan dari, oleh dan untuk masyarakat dengan dibantu petugas kesehatan Puskesmas dan juga kader PKK.

Sementara itu, Ketua PKK RW 03, Sarwiji, menuturkan ada delapan kader Posyandu yang turut membantu dalam kegiatan yang digelar sekali setiap bulan itu.

Baca juga: Djarot: Jakarta akan semakin ramah lansia

Para kader tersebut memiliki tugas masing-masing, seperti pencatatan administrasi, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan.

Sebelumnya, saat pandemi, PKK RW 03 melakukan aksi jemput bola dengan mendatangi rumah warga (door to door) yang memiliki balita untuk diperiksa kesehatannya.

"Untuk saat ini, seperti biasa kita periksa dan kita berikan imunisasi juga dari tenaga kesehatan Kecamatan Sawah Besar," kata dia.

Dalam layanan Posyandu ini, ada sebanyak 65 balita yang aktif diperiksa kesehatannya.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021