Kuala Kapuas (ANTARA) - Satuan Lalu-lintas Polres Kapuas di Kalimantan Tengah, membagikan bingkisan kepada sejumlah pengendara yang tertib berlalu-lintas di kawasan simpang empat Adipura Kota Kuala Kapuas sebagai bentuk apresiasi.

"Ini merupakan penghargaan bagi masyarakat yang tertib berlalu-lintas dan tertib menjalankan protokol kesehatan. Kami kasih bingkisan yang di dalamnya ada peralatan protokol kesehatan dan vitamin," kata Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Kapuas, AKP Sugeng, di sela kegiatan, Senin.

Baca juga: Kepala Polres Parimo imbau personel harus manusiawi pada Operasi Zebra

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Operasi Zebra Talabang 2021 dengan sasaran kegiatan untuk memberikan imbauan dan sosialisasi bagi pengguna jalan yaitu pengendara roda dua maupun lebih untuk tetap menaati protokol kesehatan dan aturan berlalu-lintas untuk menghindari kecelakaan di jalan.

Selama kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 15 sampai 28 November 2021 mendatang ini, polisi tidak mengganjar tilang di tempat. Operasi Zebra kali ini dilaksanakan dengan mengedepankan imbauan bagi pengendara agar tertib berlalu lintas di jalan umum.

Baca juga: Polda Sumatera Utara libatkan 1.295 personel Operasi Zebra Toba 2021

"Saat ini kami operasi Zebra Talabang 2021, tidak mengedepankan represif atau tilang, kita utamakan imbauan untuk berlalu-lintas maupun taat protokol kesehatan," katanya.

Meski demikian, sambungnya, apabila ditemukan pengendara di jalan tidak patuh terhadap aturan lalu-lintas, baik tidak mengenakan helm, menggunakan knalpot bising dan sebagainya, petugas akan melakukan penilangan terhadap yang bersangkutan.

Baca juga: Operasi Zebra, polisi sasar kendaraan berknalpot bising dan bengkel

Untuk itu, Sugeng mengimbau kepada masyarakat maupun pengendara untuk tetap mematuhi berlalu-lintas di jalan umum. Pengendara diminta melengkapi kelengkapan kendaraannya untuk keselamatan berlalu-lintas di jalan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

"Kepada masyarakat untuk tetap utamakan keselamatannya, dan taati berlalu-lintas baik rambu, marka maupun petugas di lapangan," imbaunya.

Baca juga: Anies: Operasi Zebra Jaya babak baru disiplin lalu lintas dan prokes

Sementara itu, salah satu pengendara roda dua, Budi Hermawan, sangat menyambut baik kegiatan Polres Kapuas dalam rangka operasi Zebra Talabang 2021, dengan melakukan sosialisasi dan imbauan kepada pengendara di jalan umum.

"Saya sangat senang bisa dapat bingkisan ini, karena saya merupakan pengendara tertib berlalu-lintas di jalan dengan kelengkapan kendaraan sesuai standar. Terima kasih kepada Satuan Lalu-lintas Polres Kapuas," kata dia.

Baca juga: Polresta Bogor Kota berlakukan Zebra Zero Pak Ogah

Pewarta: Kasriadi/All Ikhwan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021