Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun untuk para pekerja Banten West Java Tourism Development Center (TDC) dalam rangka mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pandeglang, Banten.

"Kami siap mengembangkan KEK Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten, dengan mendorong pembangunan Rusun untuk para pekerja di wilayah tersebut. Kami berharap dengan pembangunan Rusun ini para pekerja bisa memiliki hunian yang layak huni sehingga mendorong semangat kerja di KEK tersebut," kata Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Senin.

Khalawi memaparkan bahwa rusun pekerja tersebut dibangun satu tower (menara) dengan tipe 24 panjang setinggi tiga lantai dengan anggaran senilai Rp16,68 miliar.

Ia menerangkan, adanya pembangunan Rusun tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang ada.

Selain itu, ujar dia, Rusun juga mampu menampung lebih banyak pekerja sehingga pihak Banten West Java TDC lebih mudah untuk melakukan koordinasi dengan para pekerja di lapangan.

Baca juga: Kementerian PUPR: Rusun ASN di Kalbar berkonsep Waterfront City


Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jaca I, Frista di wakili kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono menerangkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak Banten West Java TDC agar pembangunan Rusun ini dapat berjalan dengan baik di lapangan.

Rencananya, menurut dia, pembangunan Rusun ini dilaksanakan secara multiyears (tahun berjangka) mulai 2021 hingga 2022 mendatang.

Berdasarkan data yang ada, pembangunan Rusun Pekerja Banten West Java TDC berlokasi di KEK Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Rusun ini memiliki spesifikasi bangunan yakni dibangun sebanyak satu menara dengan tipe 24 panjang setinggi 3 lantai dan terdiri dari 64 hunian dengan kapasitas 250 orang.


Baca juga: Kementerian PUPR targetkan rusun pengemis di Bekasi selesai akhir 2021


Kontraktor pelaksana Rusun ini, lanjutnya, adalah PT Pilar Cadas Putra dengan Manajemen Konsultan PT Cipta Multi Kreasi.

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Pandeglang, ada sekitar 2.500 pekerja di KEK Tanjung Lesung. Diharapkan dengan pembangunan rusun ini akan membuat para pekerja Banten Java TDC ini dan kami yakin mereka akan lebih bersemangat dalam bekerja mengembangkan KEK Tanjung Lesung Banten.


Baca juga: Kementerian PUPR alokasikan Rp19,3 miliar bangun Rusun MBR Yogyakarta

Baca juga: PUPR rencana bangun 10 tower rusun pekerja KIT di Batang

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021