Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pelatih tim nasional U-18 Shin Tae-yong akan mencari pemain keturunan Indonesia dari luar negeri untuk memperkuat skuad Garuda Muda di Piala Dunia U-20 tahun 2023.

"Ada beberapa pemain yang diusulkan Shin untuk naturalisasi. Kami memang menyerahkan pemilihan pemain itu kepada Shin," ujar Iriawan usai melepas timnas U-18 berangkat ke Turki, di Jakarta, Senin.

Meski demikian, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu belum dapat memaparkan siapa saja pemain tersebut.

Para pemain keturunan Indonesia dari luar negeri tersebut diharapkan dapat menambah kekuatan timnas U-18. PSSI pun berharap timnas U-18 dapat menembus delapan besar Piala Dunia U-20 tahun 2023.

"Saya ingin timnas U-18 tak hanya bermain di sana, tapi juga dapat menembus delapan besar," kata Iriawan.

Baca juga: Timnas U-18 berangkat ke Turki jalani tiga laga uji coba 

Dalam kesempatan yang sama, purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu juga memastikan timnas U-18 mendapatkan fasilitas yang prima selama mempersiapkan diri menuju Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. 

"Fasilitas mereka betul-betul diperhatikan negara dan federasi (PSSI). Tidak ada masalah," tutur Iriawan.

Timnas U-18 berangkat ke Turki pada Senin (15/11) malam dan dijadwalkan akan berada di sana sampai 1 Desember 2021.

Di sana, mereka akan menjalani pemusatan latihan dan tiga pertandingan uji coba, yaitu menghadapi tim U-18 Antalyaspor pada 21 November 2021, lalu melawan tim U-18 Alayanspor tiga hari kemudian dan pada 27 November menjajal kekuatan salah satu skuad yang kemungkinan adalah timnas muda salah satu negara. 

Baca juga: PSSI panggil dua pemain muda NTT dalam persiapan Piala Dunia 2023 
Baca juga: Pemain PSP Padang dipanggil seleksi Timnas Indonesia U-18 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021