Kemarin, BPIP usulkan 15 buku Pancasila hingga vaksin kedaluwarsa

Kemarin, BPIP usulkan 15 buku Pancasila hingga vaksin kedaluwarsa

Logo BPIP

Sudah kita serahkan, saat ini sudah di tangan Presiden untuk disetujui
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Senin (15/11), yang masih menarik untuk disimak pada Selasa pagi ini, mulai dari BPIP sudah usulkan 15 buku pelajaran tentang Pancasila kepada Presiden Jokowi hingga persediaan vaksin COVID-19 di tiga provinsi mendekati masa kedaluwarsa.

Berikut ringkasan berita humaniora pada Senin:

1. BPIP sudah usulkan 15 buku pelajaran Pancasila ke Presiden

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sudah menyerahkan usulan 15 buku pelajaran tentang Pancasila kepada Presiden Joko Widodo untuk dimasukkan ke kurikulum pendidikan di Indonesia.

"Sudah kita serahkan, saat ini sudah di tangan Presiden untuk disetujui," kata Kepala BPIP Yudian Wahyudi ​di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

2. MTQ Ke-5 Korpri 2021 di Kendari terbesar

Dewan Pengurus Nasional (DPN) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) menilai Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-5 Korpri pada 2021 di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai terbesar sepanjang berlangsung kegiatan lima tahunan tersebut selama ini.

"Alhamdulillah, MTQ Ke-5 Korpri di Kota Kendari tahun ini yang paling besar, karena selain diikuti 34 provinsi dari seluruh Tanah Air, juga hadir perwakilan dari 27 Kementerian Dalam Negeri, nondepartemen, maupun Kementerian Luar Negeri," kata Ketua Umum DPN Korpri Zudan Arif Fakrollah saat memberi sambutan pada rangkaian Pembukaan MTQ Ke-5 Korpri 2021 yang dipusatkan di Alun-Alun Tugu Persatuan Eks-MTQ Nasional 2006 di Kendari.

3. Menkes yakin vaksin di Indonesia mampu hadapi varian baru COVID-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meyakini jenis-jenis vaksin COVID-19 di Indonesia masih cukup ampuh untuk menghadapi varian-varian baru virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

"Kesimpulan kami, sampai sekarang kalau ada varian virus yang masuk (baik) anak atau cucuya, Insya Allah harusnya kekebalan yang sudah terbentuk masih cukup untuk menanggulangi," katanya saat menyampaikan keterangan di Kantor Presiden Jakarta, Senin.

4. Anies Baswedan hadiri Silatnas Wahdah Islamiyah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Wahdah Islamiyah dengan menjadi narasumber kegiatan rutin tersebut, Ahad (14/11).

Anis mengatakan pandemi telah mengubah pola interaksi dan komunikasi masyarakat dunia. Kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, saat ini banyak dilakukan secara virtual.

“Jangan anggap enteng efek dari pandemi. Pandemi mengubah pola interaksi, terjadi pergeseran cara berkomunikasi,” kata dia dalam kegiatan secara virtual dipantau di Makassar itu.

5. Menkes: Vaksin COVID-19 di tiga provinsi mendekati kedaluwarsa

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengemukakan persediaan vaksin COVID-19 di fasilitas penyimpanan dinas kesehatan di tiga provinsi semakin mendekati masa kedaluwarsa.

"Bapak Presiden menekankan bahwa tolong hati-hati dengan vaksin kedaluwarsa, jadi ada beberapa provinsi yang laporannya sampai ke beliau," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers evaluasi PPKM yang diikuti dari YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin sore.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BPIP sebut Salam Pancasila akan masuk dalam kurikulum pendidikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar