Jakarta (ANTARA) - Arab Saudi kembali akan memproduksi film besar ke Hollywood lewat "Desert Warrior" yang disutradarai oleh Rupert Wyatt ("Rise of the Planet of the Apes", "The Mosquito Coast").

Dilansir The Hollywood Reporter, Selasa, setelah mendanai film thriller aksi Gerard Butler "Kandahar", MBC Studios, cabang produksi raksasa penyiaran regional yang dikendalikan pemerintah Saudi, MBC, kini bersiap untuk memproduksi film epik sejarah dan ini menandai produksi terbesarnya hingga saat ini.

Anthony Mackie ("The Hurt Locker", "Avengers: Endgame") dan Aiysha Hart ("Mogul Mowgli", "Colette") akan menjadi pemain utama dalam film tersebut. MBC Studios bermitra dengan sesama produser JB Pictures dan AGC Studios yang berbasis di AS.

Selain Anthony Mackie dan Aiysha Hart, deretan aktor dan aktris yang akan bergabung adalah Sharlto Copley ("District 9"), Ghassan Massoud ("Kingdom of Heaven"), Sami Bouajila ("Hors-la-loi"), Lamis Ammar ("Sand Storm"), Géza Röhrig ("Son of Saul") dan pemenang Oscar wBen Kingsley ("Gandhi").

Film ini telah memulai produksinya di Neom dan Tabuk, Arab Saudi.

Wyatt akan bertindak sebagai sutradara dan menulis skenario bersama Erica Beeney ("Captive State"), David Self ("The Road to Perdition") dan nominasi Oscar Gary Ross ("Seabiscuit", "The Hunger Games").

"Desert Warrior" berlatar awal abad ketujuh, ketika Arab masih terdiri dari suku-suku yang saling bersaing, bermusuhan dan terpecah belah. Kaisar Kisra (Kingsley) memiliki reputasi menakutkan karena sangat kejam.

Akan tetapi, ketika Putri Arab Hind (Hart) menolak untuk menjadi selir Kisra, keadaan berubah menjadi konfrontasi epik. Ini adalah pertempuran yang pada akhirnya akan mengubah kawasan itu selamanya dan dikenang sepanjang sejarah.

Jeremy Bolt (waralaba "Resident Evil", "Monster Hunter", "Polar") dari JB Pictures akan menjadi produser.

"'Desert Warrior' adalah kisah petualangan, dengan pahlawan wanita yang garang di garis depan cerita. Kami berharap cerita ini akan terhubung dengan penonton dari segala usia di seluruh dunia," ujar Zeinab Abu Alsamh, General Manager MBC Studios KSA.

"Rupert Wyatt adalah pembuat film visioner, dan Jeremy Bolt telah membuktikan keberaniannya dalam mengarahkan proyek epik ini ke dalam produksi," lanjutnya.

Zeinab mengatakan para pemainnya seperti mimpi yang menjadi kenyataan karena terdiri dari orang Arab dan non-Arab yang bersama-sama akan mewujudkan "Desert Warrior" sebagai film tak terlupakan yang menyoroti budaya Arab.

"Ini adalah awal dari menjadikan Saudi sebagai pusat produksi untuk film lokal dan global," kata Zeinab.

AGC International, cabang penjualan dan distribusi internasional AGC Studios, akan menangani penjualan di seluruh dunia.



Baca juga: Uni Emirat Arab pamerkan perkembangan negara lewat film

Baca juga: Sutradara "Avengers: Endgame" rilis film thriller berbahasa Arab

Baca juga: 35 tahun tanpa bioskop, Saudi mulai lagi putar film akhir pekan ini

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021