KMI Expo ini diharapkan dapat menciptakan ruang untuk berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi guna mewujudkan keselarasan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang.
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) di Malang, Jawa Timur, ditunjuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XII 2021.

Ketua Pelaksana KMI Expo XII 2021, drh Analis Wisnu Wardhana di Malang, Selasa, mengemukakan KMI Expo ini merupakan program tahunan Kemendikbudristek yang bertujuan memunculkan dan meningkatkan potensi kewirausahaan di lingkup mahasiswa.

KMI Expo XII 2021 yang bertema Collaboration and Sinergy berlangsung pada 17-19 November 2021 di lapangan kampus dan gedung Samanta Krida UB yang terbagi menjadi dua, yakni kegiatan utama dan pendukung. KMI Expo XII yang berlangsung selama 3 hari tersebut, dilaksanakan secara blended (daring dan luring).

"KMI Expo ini diharapkan dapat menciptakan ruang untuk berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi guna mewujudkan keselarasan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang," kata Analis.

Baca juga: Ciptakan lapangan kerja, Kemenperin gelar pelatihan wirausaha baru

Peserta expo yang mendaftar mencapai 200 perguruan tinggi lebih, namun yang terseleksi untuk mengikuti expo secara luring hanya 127 perguruan tinggi.

Ia mengatakan karena masih suasana pandemi COVID-19, peserta dan pengunjung stan expo dibatasi dan wajib mematuhi protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. Sedangkan peserta yang tidak bisa hadir di arena expo, dapat mengikuti secara daring melalui chanel YouTube: Universitas Brawijaya atau UBTV.

Baca juga: Kemenkop gandeng ASENSI tingkatkan skala usaha wirausaha

Lebih lanjut, Analis menjelaskan kegiatan utama berisi pameran dan bazar produk, KMI Award, lomba start up, dan Pendamping Wirausaha Mahasiswa Indonesia (PWMI). Sedangkan kegiatan pendukung berupa kompetisi poster, esai, business case, kompetisi cafe mahasiswa Indonesia, dan TikTok kewirausahaan.

Sementara itu, untuk kegiatan nonkompetisi menarik lainnya berupa kuliah umum kewirausahaan, talkshow kewirausahaan, sarasehan forkomawa, sarasehan forum pengelola program kewirausahaan mahasiswa Indonesia, serta sarasehan PWMI.

Seluruh rangkaian kegiatan KMI Expo XII dapat dilihat melalui: https://kmiexpo2021.ub.ac.id.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021