Jakarta (ANTARA) - PT Jaklingko Indonesia bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 4 Jakarta Barat dalam program "link and match" yakni memberikan kesempatan siswa dan guru SMK tersebut mengikuti program magang yang diberikan PT  Jaklingko Indonesia.

"Kami membuka program magang, untuk siswa dan pengajar, karena kami membutuhkan dukungan dasar di beberapa bidang di perusahaan kami," kata Direktur PT Jaklingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin, di SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Barat, Selasa.

Kamaluddin mengatakan, program kerja sama ini bertujuan agar pihak sekolah mengetahui bidang apa saja yang saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama Jaklingko. "Sekolah diharapkan dapat menyesuaikan kurikulum atau mata pelajaran di SMK yang bisa diterima sesuai kebutuhan perusahaan," katanya.

SMK Muhammadiyah 4 dipilih karena memiliki kurikulum yang cocok untuk kebutuhan perusahaan Jaklingko, yakni BUMD DKI Jakarta. 

"Mereka fokus di teknik komputer jaringan, bisnis daring, dan pemasaran, akutansi dan keuangan, serta otomatisasi tata kelola perkantoran. Jadi mereka punya empat bidang fokus keahlian yang memang cocok dengan bidang usaha dari Jaklingko," kata dia.

Baca juga: JakLingko targetkan aplikasi antarmoda dapat diunduh publik awal 2022

Kamaluddin menjelaskan, dalam program tersebut, empat guru akan magang di PT Jaklingko Indonesia guna mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan perusahaan. Setelah guru selesai magang, mereka akan memberikan pelatihan kepada tujuh siswa yang nantinya akan magang di PT Jaklingko Indonesia.

Siswa yang sudah dilatih pun dipastikan siap untuk berkontribusi sesuai dengan bidang pekerjaan yang disediakan oleh pihak PT Jaklingko Indonesia.

Kamaluddin berharap, melalui program ini, para siswa bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman sehingga dapat diterima sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini.

Kepala SMK Muhammadiyah 4 Jakarta Barat, Adi Sugita, menyambut baik adanya program "link and match" ini. Dia berharap kerjasama ini terus berlangsung sehingga kualitas siswanya bisa meningkat dan menjadi incaran perusahaan.

"Kami berharap semoga kerjasama program 'link and match' ini dapat memberikan sebuah manfaat bagi semua pihak khususnya bagi pengembangan kompetensi SMK Muhammadiyah 4," kata dia dalam sambutannya.


Baca juga: JakLingko targetkan aplikasi antarmoda dapat diunduh publik awal 2022
Baca juga: JakLingko sebut integrasi akan membuat subsidi lebih tepat sasaran
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021