Helsinki (ANTARA News) - Mantan juara dunia Formula Satu Kimi Raikkonen akan melakukan debut mengejutkan tahun ini dengan tampil pada kejuaraan balap mobil NASCAR tetapi masih tetap menekuni reli mobil, demikian dilaporkan koran Finlandia, Turun Sanomat, minggu ini.

Atlet Finlandia itu, yang meraih gelar juara F1 bersama Ferrari pada 2007, mengendarai Citroen pada kejuaraan dunia reli (WRC) sejak meninggalkan F1 pada akhir 2009.

Koran itu melaporkan, pebalap berusia 31 tahun itu, dengan nama panggilan "Iceman," kini berencana melakukan debut pada perlombaan NASCAR bersama Tim ICE1 sedangkan komitmennya dengan dunia reli mobil masih terus berlanjut.

"Saya takjub dengan perlombaan dunia NASCAR. Saya sudah mengikuti jenis perlombaan itu sejak lama," katanya seperti dilaporkan koran Finlandia.

"Saya 100 persen yakin dan saya ingin merasakan tantangannya," tambahnya.

Koran itu melaporkan, Raikkonen untuk pertama kali akan mengendarai jenis kendaraan truk, sebelum beralih ke jenis NASCAR. Perlombaan itu akan dilakukan sebelum musim panas mendatang dan pembicaraan dengan pihak pabrik masih akan dilanjutkan.

Laman autosport.com melaporkan, Foster Gillett, yang ayahnya bernama George hingga tahun lalu masih merupakan pemilik bersama klub sepak bola Liverpool, akan menjadi mitra besar tim itu.

Juara empat kali Piala Sprint, Jeff Gordon, menyambut baik laporan itu.

"Saya kira ini akan menjadi amat menakjubkan," katanya kepada Reuters.

"Sebagai pendukung lomba Formula Satu, saya menyaksikan Kimi berlomba dan menang. Akan menjadi hebat sekali bila ia ikut dalam perlombaan NASCAR," katanya.

Nelson Piquet, mantan pebalap F1 Renault, yang beralih ke NASCAR setelah mengalami kontroversi dalam jenis olahraga besar itu karena diminta melakukan tabrakan, juga menyambut baik berita itu.

"Saya kira menarik sekali bagi jenis lomba ini bila memiliki pemain seperti Kimi Raikkonen dapat bergabung. Ia akan merasakan betapa hebatnya perlombaan di Amerika ini," katanya.

Piquet berlomba untuk Kevin Harvick Inc., pemilik truk dalam jenis perlombaan itu.

Atlet Formula Satu lainnya yang beralih ke jenis lomba NASCAR termasuk juara dunia 1997 dari Kanada, Jacques Villeneuve, serta dari Kolumbia Juan Pablo Montoya, yang berlomba untuk tim Earnhardt Ganassi Racing.
(A008)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011