Pagar pembatas penonton di tribun JIS didesain tak terlalu tinggi

Pagar pembatas penonton di tribun JIS didesain tak terlalu tinggi

Pagar pembatas deretan pertama tribun penonton di Jakarta International Stadium (JIS) pada Selasa (16/11/2021). (ANTARA/Abdu Faisal)

Dengan tidak adanya lintasan atletik, penonton jadi bisa sangat dekat ke lapangan
Jakarta (ANTARA) - Pagar pembatas di deretan (tier) pertama tribun penonton lapangan utama Jakarta International Stadium (JIS) didesain tak terlalu tinggi agar tidak mengganggu kenyamanan saat menonton pertandingan maupun konser musik.

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo  mengemukakan, fungsi pembatas itu diharapkan optimal dalam menjaga keamanan ketika berlangsung kemeriahan pertandingan sepak bola maupun konser musik di lapangan utama stadion yang berlokasi di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, tersebut.

"'Barrier' (pagar pembatas) ini juga merupakan strategi kami dalam hal keamanan, karena jarak dari 'tier' satu ke area dasar lantai satu lapangan itu kan cukup tinggi. Harapannya kami bisa memberikan keamanan yang optimal," ujar Arry saat ditemui ANTARA di lokasi proyek JIS, Selasa.

Deretan pertama tribun penonton JIS mendapatkan tambahan fasilitas pengaman berupa pagar pembatas yang tingginya sekitar 60-70 sentimeter atau setinggi paha orang dewasa.

Menurut Arry, adanya pagar pembatas itu bukan untuk membatasi antara penonton dengan penampil yang ada di lapangan utama karena konsep JIS sejak awal dibangun tanpa adanya lintasan atletik adalah untuk meningkatkan kenyamanan penonton.

"Dengan tidak adanya lintasan atletik, penonton jadi bisa sangat dekat ke lapangan," kata Arry.

Baca juga: 500 kursi berdesain tunggal sudah terpasang di tribun penonton JIS
Baca juga: Baru buka, lapangan latih JIS untuk penyewaan November sudah penuh


Untuk mendukung kenyamanan saat menonton, semua tempat duduk di tribun JIS telah didesain tunggal (single seat).

"Semuanya 'single seat', satu penonton untuk satu tempat duduk," ujar Arry.

Selain itu, sebagai stadion multiguna berstandar FIFA, JIS juga memperhatikan sisi pelayanan (hospitality) penonton dengan menyediakan ruangan korporat (corporate box).

Arry mengatakan apabila penonton tertarik untuk mendapatkan tampilan (view) terbaik untuk menikmati pertandingan sepak bola ataupun nanti pada saat ada konser musik di JIS, maka ruangan korporat yang adanya di lantai lima dan lantai enam sisi timur dan sisi barat stadion.

"Total keseluruhannya ada 52 'corporate box' di Jakarta International Stadium, masing-masing 13 di sisi timur dan barat stadion, lantai lima dan lantai enam," kata Arry.

Namun selain kenyamanan, faktor keselamatan dan keamanan penonton juga menjadi penting.

"Kami ingin menjamin keselamatan dan keamanan bagi siapapun yang berkunjung, terutama penonton di tier 1 ya, karena (penonton di tier satu) ini paling dekat ke lapangan," kata Arry.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar