Komitmen pembiayaan LPEI dalam pembangunan dan pengembangan kawasan Mandalika juga diberikan dalam bentuk penjaminan kepada investor-investor yang akan menanamkan modalnya di kawasan tersebut
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank yang mengemban mandat untuk meningkatkan devisa negara ikut serta dalam pembiayaan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, khususnya di area sirkuit.

Direktur Eksekutif LPEI D James Rompas mengatakan LPEI telah memberikan pembiayaan pembangunan fasilitas perhotelan di area kawasan sirkuit Mandalika, pembangunan infrastruktur dasar di dalam arena sirkuit, serta pembangunan dan penataan kawasan area bazaar yang dapat menampung produk-produk UMKM setempat sebesar Rp1,18 triliun.

"LPEI merasa bangga dan bersyukur dapat berpartisipasi dalam pengembangan kawasan Mandalika, terutama di arena sirkuit. Sejak awal, kami berkomitmen untuk menyukseskan pengembangan kawasan ini dari berbagai sisi, terutama yang mampu menghasilkan devisa bagi negara," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

James menambahkan pembiayaan yang dilakukan oleh LPEI kepada pengelola kawasan yaitu PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggunakan skema National Interest Account (NIA)/Penugasan Khusus Ekspor (PKE), untuk mengembangkan kawasan Mandalika.

Komitmen pembiayaan LPEI dalam pembangunan dan pengembangan kawasan Mandalika juga diberikan dalam bentuk penjaminan kepada investor-investor yang akan menanamkan modalnya di kawasan tersebut.

Sebelumnya, LPEI telah memberikan penjaminan kepada industri hotel, restoran, dan kafe (horeka) untuk pelaku-pelaku usaha perhotelan di Bali.

Pembiayaan tersebut merupakan realisasi dari mandat yang diemban oleh LPEI sesuai UU No 2 Tahun 2009 tentang LPEI, di mana salah satu tugas dari lembaga ini adalah melakukan pembiayaan kepada pelaku usaha dalam negeri sehingga dapat menghasilkan devisa bagi negara.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meresmikan sirkuit balapan otomotif Pertamina Mandalika Street Circuit pada 12 November 2021 lalu.

Peresmian itu juga menandai penggunaan untuk pertama kalinya sirkuit kebanggaan nasional tersebut pada ajang World Super Bike Championship.

Gelaran tersebut juga menjadi kejuaraan otomotif Superbike Internasional pertama yang berlangsung di Indonesia.

Baca juga: LPEI terus dorong pelaku UMKM bersaing di pasar global
Baca juga: MGPA pastikan persiapan WSBK Mandalika berjalan optimal
Baca juga: ITDC gandeng LPEI danai fasilitas Bazaar Mandalika

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021