Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mendukung Harry Kane untuk memecahkan rekor Wayne Rooney sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Inggris.

Komentar Southgate tersebut muncul setelah Kane mencetak empat gol dalam kemenangan 10-0 Inggris atas San Marino dalam pertandingan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa.

Inggris membukukan tempat mereka di putaran final Piala Dunia untuk tujuh kali berturut-turut dengan kemenangan mereka atas San Marino.

Baca juga: Inggris tandai kelolosan ke Qatar dengan pesta 10 gol lawan San Marino

Empat gol yang dicetak penyerang Tottenham itu membuat catatan golnya menjadi 48 untuk timnas Inggris dan sekaligus masuk urutan ketiga dalam daftar pencetak gol terbanyak sepanjang masa bersama Gary Lineker.

Penyerang berusia 28 tahun itu, yang mencetak tiga gol melawan Albania pekan lalu, hanya terpaut lima gol di belakang Rooney.

“Saya pikir itu pasti akan menjadi salah satu targetnya,” kata Southgate kepada wartawan yang dikutip Reuters usai pertandingan.

"Dan hal yang luar biasa adalah kami tidak memberinya kesempatan seperti malam ini (melawan tim berperingkat lebih rendah) terlalu sering ... Dia mengerti itu, tetapi dia memiliki ambisi pribadi yang besar serta ambisi tim."

"Dia menunjukkan lagi ketajaman dan mentalitas yang dia miliki. Hampir bukan 'bila' dia akan memecahkan rekor tetapi 'kapan'."

Kane juga menjadi pemain timnas Inggris pertamanya yang mencetak trigol berturut-turut sejak Tommy Taylor pada tahun 1957 dan pemain pertama mencetak empat gol dalam pertandingan sejak Ian Wright melawan San Marino pada tahun 1993.

Baca juga: Harry Kane kemas trigol bantu Inggris cukur Albania

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021