FIFA Putuskan Komite Normalisasi Ambil Alih PSSI

FIFA Putuskan Komite Normalisasi Ambil Alih PSSI

Presiden FIFA Sepp Blatter. (FOTO.ANTARA/REUTERS / Lirio Da Fonseca )

Jakarta (ANTARA News) - Komite Darurat badan sepak bola dunia (FIFA) memutuskan bahwa sebuah Komite Normalisasi akan mengambil alih Komite Eksekutif PSSI saat ini, demikian menurut website resmi FIFA, Senin.

"Menyusul kejadian-kejadian terakhir yang berkaitan dengan Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI), Komite Darurat FIFA memutuskan pada 1 April 2011 bahwa, sesuai dengan artikel 7 ayat 2 Statuta FIFA, sebuah Komite Normalisasi akan mengambil alih Komite Eksekutif PSSI saat ini," demikian sebuah pernyataan dalam website resmi FIFA.

Komite Darurat FIFA memperkirakan kepemimpinan PSSI saat ini tidak dapat mengendalikan persepakbolaan di Indonesia, dibuktikan dengan kegagalan mengambil kendali LPI, yang berlangsung tanpa keterlibatan PSSI atau juga kenyataan tidak bisa menyelenggarakan sebuah kongres yang tujuannya untuk mengadopsi sebuah aturan pemilihan dan memilih komite pemilihan.

"Komite Darurat FIFA sampai pada kesimpulan bahwa kepemimpinan di PSSI sudah kehilangan semua kredibilitasnya di Indonesia dan tidak dalam posisi lagi untuk memimpin proses penyelesian krisis saat ini."

Disebutkan beberapa misi Komite Normalisasi yaitu untuk menyelenggarakan pemilihan yang berdasarkan aturan pemilihan FIFA dan Statuta PSSI sebelum 21 Mei 2011.

Selain itu untuk membawa liga di luar PSSI berada dalam kendali PSSI dan juga untuk menjalankan kegiatan sehari-hari PSSI dalam semangat rekonsiliasi bagi kebaikan sepak bola Indonesia.

Komite Normalisasi nantinya akan terdiri dari para insan sepak bola Indonesia yang tidak akan menempati posisi apapun di PSSI.

Dikonfirmasikan juga bahwa empat kandidat yang ditolak komite banding PSSI pada 28 Februari 2011 tidak bisa dicalonkan untuk menjadi ketua umum PSSI. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Piala Dunia U-20, Indonesia tunggu arahan FIFA

Komentar