Saya pikir komite harus pergi ke arah yang lebih hawkish dalam beberapa pertemuan berikutnya sehingga kami mengelola risiko inflasi dengan tepat
Washington (ANTARA) - Federal Reserve AS dapat mempercepat laju pengurangan pembelian aset karena inflasi AS melonjak ke level tertinggi 30 tahun, kata seorang pejabat senior Fed, Selasa (16/11).

"Saya pikir komite harus pergi ke arah yang lebih hawkish dalam beberapa pertemuan berikutnya sehingga kami mengelola risiko inflasi dengan tepat," kata Presiden Federal Reserve Bank of St. Louis, James Bullard dalam wawancara dengan Bloomberg Television, mengacu pada komite pembuat kebijakan The Fed.

"Kami dapat bergerak lebih cepat -- kami mempertahankan opsi ini sehingga kami dapat mempercepat tapering jika diperlukan," kata Bullard, seraya menambahkan bahwa dia telah mengusulkan untuk mengakhiri pembelian aset pada akhir kuartal pertama tahun depan.

"Itu akan memberi kami sedikit lebih awal bahwa kami dapat menilai di mana data itu berada dan memutuskan apa yang harus dilakukan pada kebijakan suku bunga," katanya.

The Fed telah berjanji untuk mempertahankan suku bunga dana federal tidak berubah pada level rekor terendah mendekati nol sejak awal pandemi.

"Pertimbangan lain yang akan saya siapkan, dan telah disiapkan, adalah kita dapat membiarkan limpasan neraca pada akhir tapering alih-alih menunggu keputusan itu untuk sementara waktu," kata Bullard, mencatat itu akan menjadi cara untuk memiliki kebijakan "agak lebih hawkish".

Komentar Bullard muncul setelah Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pekan lalu bahwa indeks harga konsumen (IHK) naik 6,2 persen pada Oktober dari tahun sebelumnya, kenaikan tahunan terkuat dalam lebih dari 30 tahun.

The Fed mengumumkan pada awal November bahwa bank sentral akan mulai mengurangi laju bulanan pembelian aset bersihnya sebesar 10 miliar dolar AS untuk sekuritas obloigasi pemerintah AS dan 5 miliar dolar AS untuk sekuritas yang didukung hipotek agensi.

"Jika ekonomi berkembang secara luas seperti yang diperkirakan, kami menilai bahwa pengurangan serupa dalam laju pembelian aset bersih kemungkinan akan sesuai setiap bulan, menyiratkan bahwa peningkatan kepemilikan sekuritas kami akan berhenti pada pertengahan tahun depan," kata Ketua Fed Jerome Powell pada konferensi pers awal bulan ini.

“Karena itu, kami siap untuk menyesuaikan laju pembelian jika dijamin oleh perubahan prospek ekonomi,” kata Powell.

Beberapa pejabat Fed menekankan bahwa bank sentral harus bersabar dalam menilai tapering. Neel Kashkari, presiden Federal Reserve Bank of Minneapolis, mengatakan pada Senin (15/11) bahwa bank sentral seharusnya tidak bereaksi berlebihan terhadap tekanan inflasi yang cenderung terbukti sementara.

"Jika kita bereaksi berlebihan dengan mengatakan, 'Mari kita ubah jalur kebijakan moneter untuk mencoba menangani efek satu kali,' itu dapat menyebabkan hasil jangka panjang yang lebih buruk bagi perekonomian," kata Kashkari kepada Bloomberg Television.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021