Manado (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa di Provinsi Sulawesi Utara berupaya memberantas enceng gondok yang tumbuh di perairan Danau Tondano.

Bupati Minahasa Royke Octavian Roring di Manado, Rabu, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten  berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam menjalankan upaya pemberantasan enceng gondok di Danau Tondano.

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Minahasa membutuhkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan pemerintah pusat untuk memelihara kawasan Danau Tondano.

Pemerintah Kabupaten Minahasa, menurut dia, antara lain membutuhkan bantuan untuk menyediakan perahu dan ekskavator guna membersihkan enceng gondok di perairan Danau Tondano.

"Semoga usulan kami bisa diterima dan diusulkan dalam APBN," kata Bupati.

Di samping mendatangkan manfaat, enceng gondok bisa menimbulkan dampak negatif bagi keberlangsungan ekosistem di danau bila pertumbuhannya tidak terkendali.

Pertumbuhan masif tumbuhan invasif yang toleran dengan berbagai keadaan lingkungan itu akan mengganggu pertumbuhan ikan serta menyebabkan pendangkalan wilayah perairan dan menghambat lalu lintas sarana transportasi air.

Baca juga:
Pemerintah Minahasa libatkan warga dalam pembersihan Danau Tondano
Kodam XIII/Merdeka rencanakan rehabilitasi Danau Tondano

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021