Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebut bahwa 11 daerah kabupaten dan kota di provinsi itu berpotensi diguyur hujan lebat disertai guntur dan angin kencang.

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie di Kendari, melalui keterangan tertulis BMKG Sultra, Rabu, mengatakan ke-11 daerah tersebut yakni Kota Baubau, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Timur, Muna, Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Buton Utara.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra tepatnya di 11 daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata dia.

Dia menyampaikan, kondisi tersebut berpotensi meluas ke beberapa daerah lainnya seperti di Kota Kendari, Kabupaten Kolaka Utara, Muna Barat, dan Bombana.
​​​​
Baca juga: BMKG ingatkan hujan berpotensi datangkan bencana hidrometeorologi
Baca juga: BMKG Kendari keluarkan peringatan dini waspada potensi hujan lebat

BMKG menyebut pada siang hingga sore hari berpotensi hujan sedang di wilayah Kolaka Utara, Kendari, Konawe Utara, Konawe Selatan, Buton Utara dan Konawe Kepulauan. Hujan Ringan di wilayah Baubau, Buton Selatan, Buton, Buton Tengah, Kolaka, Konawe, Bombana, Muna, Muna Barat dan Wakatobi.

Selanjutnya, pada malam hari berpotensi hujan ringan di wilayah Kolaka Utara. Dini hari berpotensi hujan sedang di wilayah Wakatobi dan Buton Utara. Hujan ringan di wilayah Kolaka Utara, Kendari dan Konawe Kepulauan.

BMKG juga menyampaikan suhu udara mencapai 24-32 derajat celsius, dengan kelembaban udara 65-95 persen dan angin bertiup dari timur menuju selatan dengan kecepatan 2-20 kilometer per jam.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama memasuki masa pancaroba tahun ini.

Baca juga: Hujan diprakirakan mengguyur sejumlah provinsi

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021