Jakarta (ANTARA) - Volvo Trucks memperkenalkan kendaraan angkut terbaru seri truk FM-FMX-FH16 generasi keempat yang menawarkan kapasitas lebih besar dalam menunjang produktivitas lebih tinggi bagi pasar Indonesia.

Untuk mengenalkan lini truk terbaru itu, Volvo Indonesia bersama Wahana Inti Selaras, Indotruck Utama, dan Eka Dharma Jaya Sakti menggelar "Volvo Trucks New Range-Made For You" sebagai ajang uji kendara bagi konsumen, di Senayan Park, Jakarta.

"Acara ini menjadi puncak pengenalan produk terbaru Volvo Trucks di Indonesia setelah dikenalkan secara digital September lalu. Kami memberikan pengalaman baru bagi pelanggan untuk melihat secara langsung evolusi dari Volvo Trucks yang dapat meningkatkan produktivitas kinerja,” kata Presiden Director PT Wahana Inti Selaras Bambang Prijono, dalam siaran pers Rabu.

Baca juga: Volvo truk listrik dijual di Eropa mulai 2021

Volvo FM-FMX dan FH16 yang dikenalkan kali ini merupakan generasi keempat sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996. Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti, Pantas Sihombing, menyatakan peningkatan performa dan produktivitas adalah kunci utama dalam pengembangan truk baru Volvo.

Truk baru itu mendapatkan kenaikan kapasitas axle hingga 38 ton dan penyempurnaan berbagai fitur yang dimiliki semua seri Volvo Trucks di Indonesia, yaitu FM, FMX, dan FH16.

“Peningkatan kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas, apalagi truk Volvo banyak bekerja di area pertambangan dan medan berat lainnya,” ujarnya.

Terdapat beberapa fitur baru pada Volvo FM-FMX dan FH16 antara lain kluster instrumen digital, pengaturan setir kemudi secara tilt dan telescopic, penyempurnaan pilar A, kaca kabin lebih tegak, profil jendela lebih rendah yang meningkatkan visibilitas bagian bawah pengemudi serta mengurangi blank spot saat berkendara.

Chief Operating Officer PT Indotruck Utama Eka Lovyan mengatakan, "Banyak fitur keamanan yang terus dikembangkan Volvo Trucks agar pengemudi merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara, apalagi dengan kondisi pengemudi yang harus melakukan pekerjaannya selama berjam-jam, fatigue menjadi tantangan utama,” ujar Eka.

Baca juga: Truk Listrik Futuricum pecahkan Guinness World Record

Baca juga: Daimler dan Volvo kolaborasi buat truk hidrogen jarak jauh

Baca juga: Volvo truk listrik dijual di Eropa mulai 2021
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021