Buku "The 10 New Bali" Bahasa Rusia diharapkan gaet wisatawan

Buku "The 10 New Bali" Bahasa Rusia diharapkan gaet wisatawan

Miss Universe 2002 asal Rusia Oksana Fedorova menerima buku The 10 New Bali dari Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus Jose Tavares. ANTARA/HO-KBRI Moskow/am.

Saat menjabat sebagai Miss Universe tahun 2002, saya berkesempatan mengunjungi Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, saya menyaksikan dan merasakan secara langsung keindahan alam
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Jose Tavares berharap peluncuran buku The 10 New Bali edisi Bahasa Rusia dapat menarik wisatawan negara tersebut ke Indonesia.

“Peluncuran buku The 10 New Bali yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia untuk lebih mendekatkan Indonesia kepada masyarakat Rusia, mengingat selama ini masyarakat Rusia lebih mengenal Bali,” kata Dubes Tavares dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada 2019, jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia hampir 160.000 orang dan angkanya menurun drastis pada 2020 dan 2021 akibat pandemi COVID-19.

Meski demikian, tercatat 5.000 warga Rusia saat ini memilih untuk tinggal dan berada di Bali selama pandemi.

Baca juga: Indonesia bidik pelancong Rusia di "Moscow Halal Expo 2017"

“Meski dua tahunan ini pandemi membuat kunjungan warga Rusia ke Indonesia turun, namun kami terus berupaya memperkenalkan ‘The 10 New Bali’ kepada khalayak Rusia. Semoga COVID-19 segera melandai sehingga warga Rusia dapat berkunjung Kembali ke Indonesia,” katanya.

Buku The 10 New Bali edisi bahasa Rusia setebal 266 halaman ini merupakan terjemahan dari edisi kedua buku yang diterbitkan dalam bahasa Inggris dan kini juga dilengkapi QR-code.

“Inovasi QR-code memberikan akses kepada pembaca di Rusia untuk memperoleh informasi lebih rinci mengenai sejarah, akomodasi, dan rujukan terhadap potensi investasi yang besar dan menarik bagi investor Rusia, khususnya berkaitan dengan fasilitas pendukung pariwisata di destinasi 10 Bali Baru,” ujarnya.

Dalam peluncuran  itu, pesohor dan Miss Universe 2002 asal Rusia Oksana Fedorova menjadi warga Rusia pertama penerima buku tersebut.

Oksana mengungkapkan kegembiraan atas penghormatan yang diberikan kepada dirinya untuk menjadi warga Rusia pertama di Moskow yang menerima secara langsung buku The 10 New Bali edisi bahasa Rusia dari Dubes Tavares.

Baca juga: Tiga wartawan Rusia terkesan Belitung dan Sumatra

“Saat menjabat sebagai Miss Universe tahun 2002, saya berkesempatan mengunjungi Indonesia. Dalam kunjungan tersebut, saya menyaksikan dan merasakan secara langsung keindahan alam, kekayaan budaya dan keramah tamahan masyarakat Indonesia yang luar biasa,” ujarnya.

Selain menerima buku, Oksana juga berkesempatan menyampaikan promosi tentang pariwisata Indonesia.

“Indonesia memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Melalui peluncuran buku 'The 10 New Bali' edisi Bahasa Rusia, semoga semakin banyak wisatawan Rusia yang berkunjung, tidak hanya ke Bali, tetapi juga ke 10 destinasi pariwisata lainnya di Indonesia,” katanya.

Inisiatif KBRI Moskow meluncurkan buku The 10 New Bali edisi bahasa Rusia memperoleh apresiasi tinggi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo yang menyampaikan sambutan kunci melalui video dalam acara peluncuran.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berterima kasih kepada KBRI Moskow atas peluncuran buku 'The 10 New Bali' edisi bahasa Rusia, yang merupakan realisasi konkret Perwakilan RI di luar negeri dalam mendukung terciptanya pariwisata Indonesia yang bermutu, inklusif dan berkesinambungan," ujar Angela.

Angela juga menjelaskan persiapan Pemerintah RI untuk membuka kembali pariwisata Indonesia bagi wisatawan manca negara di masa pandemi, antara lain menggiatkan program vaksinasi COVID-19 kepada seluruh lapisan masyarakat dan pemberian sertifikasi Kesehatan bagi pelaku usaha/ UMKM bidang pariwisata serta ekonomi kreatif.

Baca juga: Genjot jumlah wisatawan, Rusia akan permudah pengajuan visa bagi WNI
Baca juga: Kemenpar jaring wisatawan Rusia dengan 3 strategi program pemasaran


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah dorong UMKM Indonesia tembus pasar Rusia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar