Jakarta (ANTARA) - Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2021 telah digelar dan para pemenangnya diumumkan pada Senin (15/11) malam. Ada 55 kategori dan tiga penghargaan khusus dalam tema "Spirit of Creativity" tersebut.

Salah satu pemenang AMI Awards adalah duo Ridho Hafiedz dan Bing Leiwakabessy lewat "Hasil Maluku" untuk kategori Karya Produksi Blues Terbaik.

"Terima kasih apresiasinya untuk saya. Kalah menang saya bersyukur. Mengingat pada saat produced album ini, naluri musikal saya saja yang berjalan," kata Ridho dalam keterangannya pada Rabu.

Menurut dia, penghargaan atas karya cipta musisi seperti AMI Awards sangat dibutuhkan.

"AMI Awards memiliki marwah baik karena memberikan apresiasi terhadap musik dan musisi Kontemporer maupun tradisi. Apa yang sudah dicanangkan oleh AMI Awards adalah salah satu cara mencapai tahta prestisius, sehingga menjadi penyemangat Musisi untuk terus berkarya."

Dalam lagu "Hasil Maluku" yang termasuk dalam album "Legacy" itu, gitaris grup band kondang Slank tersebut menggandeng musisi senior Bing Leiwakabessy (97).

Album “Legacy” dirintis sejak tahun 2013 dan baru dirilis tahun 2020 dalam bentuk baik digital platform maupun piringan hitam.

“Ini album karier tunggal saya, setelah 23 tahun berkarya bersama Slank,” ujar Ridho yang sebelumnya pernah merilis single “Free Your Soul” bersama Ipang Lazuardi itu.

Sedangkan album “Legacy” menyajikan lagu lagu Maluku dalam instrument guitar. “Om Bing memainkan steel guitar. Sedangkan saya berbagai teknik, ini album saya dedikasikan untuk om Bing yang wafat tak lama setelah Legacy rilis digital,” kata Ridho.

“Mari wujudkan kedamaian dan kebersamaan yang langgeng di tanah Maluku,” pesan opa Bing saat itu, kenang Ridho yang mengaku bersedih sekaligus haru. “Saat piringan hitam Legacy jadi dan sedang meluncur ke Ambon, opa Bing wafat," kata Ridho.

Ridho mengatakan dia mengasah talenta musik dari guitar dan pada akhirnya mengantarkan Ridho ke arena yang lebih luas di mana ia pernah menjadi music director album Slank beberapa tahun yang lalu.

Di dunia film, dia berkolaborasi dengan Glenn Fredly mewujudkan film yang membawa misi Maluku, yaitu film “Cahaya Dari Timur: Beta Maluku”. Film ini meraih penghargaan di berbagai ajang festival film. Termasuk Piala Citra untuk Film Cerita Panjang Terbaik dan Aktor Pria terbaik untuk Chico Jericho.

Baca juga: Menulis lagu bisa hilangkan stres, kata Yura Yunita

Baca juga: Daftar lengkap nominasi AMI Awards 2021

Baca juga: AMI Awards gandeng platform daring hadirkan obrolan musik masa kini

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021