Jakarta (ANTARA) - IKEA resmi hadir di luar pulau Jawa dengan membuka gerai di pulau Bali, Kamis. Tak cuma menjual produk-produk perabotan dari Swedia, gerai IKEA di Bali seluas 1200 meter persegi ini juga memamerkan dan menjual produk UMKM lokal melalui kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Setempat melalui program Teras Indonesia.

"Ini bukan program sementara, tapi akan terus berlanjut," kata President Director PT Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall, dalam konferensi pers daring, Kamis.

Patrik mengatakan pihaknya ingin terus bekerjasama dengan UMKM lokal sehingga berdampak positif kepada program Teras Indonesia. Ini disebutnya sebagai komitmen untuk membawa perubahan dan dampak positif bagi masyarakat Bali dan komunitas setempat. Dalam Teras Indonesia, UMKM lokal bisa menjual produk-produk mereka di area dalam IKEA Bali.

Tim IKEA Bali sebagian besar direkrut secara lokal dan IKEA menyambut anggota baru untuk bergabung dan mengembangkan karir mereka bersama.

Baca juga: IKEA hadirkan gerai keempat di Jakarta Garden City Jakarta Timur

Sejalan dengan misi keberlanjutan IKEA dan untuk mendukung gaya hidup masyarakat Bali, IKEA Bali juga menerapkan berbagai upaya keberlanjutan dengan menyediakan rangkaian solusi perabot rumah tangga ramah lingkungan. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi dan upaya pelestarian budaya lokal, seluruh co-worker IKEA Bali akan menggunakan seragam pakaian tradisional Bali.

IKEA Bali juga menghiasi bangunannya dengan lukisan mural dan patung kuda DALA yang terinspirasi dari budaya Bali yang merupakan bentuk kolaborasi bersama seniman lokal, Citra Sasmita. Karya seni itu menyiratkan pesan tentang kenyamanan, kehangatan, dan harmoni di tengah keluarga.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg mengatakan pembukaan gerai baru ini memperkuat hubungan antara Indonesia dan IKEA, begitu pula dengan hubungan antara Indonesia dan Swedia.

"Saya merasa bangga dan bahagia melihat desain Swedia sampai ke hati orang Indonesia," kata Marina.

Bisnis IKEA di Indonesia dikelola di bawah hak waralaba eksklusif yang diberikan kepada PT Rumah Mebel Nusantara. Toko IKEA pertama di Indonesia dibuka di Alam Sutera pada 15 Oktober 2014, toko kedua berada di Sentul City yang buka pada 28 November 2019, toko IKEA ketiga berada di Kota Baru Parahyangan yang buka pada 28 Maret 2021, dan toko keempat berada di Jakarta Garden City yang buka pada 16 September 2021. Tahun 2022, IKEA berencana membuka toko baru di Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Baca juga: IKEA inisiasi kampanye "Ayo Main" untuk anak-anak

Baca juga: Kiat sulap kamar sempit jadi nyaman ditempati

Baca juga: IKEA gandeng ROG hadirkan furnitur gaming berdesain ergonomis

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021