Dolar melemah terhadap mata uang lainnya pada hari ini setelah mencapai level tertingginya dalam 16 bulan
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore, menguat usai Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuan.

Rupiah sore ini ditutup menguat 24 poin atau 0,17 persen ke posisi Rp14.220 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.244 per dolar AS.

"Dolar melemah terhadap mata uang lainnya pada hari ini setelah mencapai level tertingginya dalam 16 bulan," kata analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Kamis.

Data penjualan ritel AS yang kuat awal pekan ini menambahkan amunisi bagi penguatan dolar yang dimulai pekan lalu setelah angka inflasi AS yang kuat mendukung spekulasi pasar bahwa The Fed harus menaikkan suku bunga sekitar pertengahan tahun depan.

Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan bank sentral akan terus memantau apakah inflasi akan turun seperti yang diperkirakan.

Dari dalam negeri, Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,5 persen dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 17-18 November 2021.

Bank sentral menyatakan keputusan tersebut sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah perkiraan inflasi yang rendah serta upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi

Sementara itu, jumlah kasus harian COVID-19 pada Rabu (17/11) kemarin mencapai 522 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 4,25 juta kasus. Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar COVID-19 mencapai 13 kasus sehingga totalnya mencapai 143.698 kasus.

Jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 458 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,1 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif COVID-19 mencapai 8.390 kasus.

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 132,01 juta orang dan vaksin dosis kedua 86,28 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka menguat ke posisi Rp14.233 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.216 per dolar AS hingga Rp14.240 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis menguat ke posisi Rp14.231 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.259 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah diprediksi terkoreksi seiring pengumuman hasil rapat BI
Baca juga: Rupiah kembali melemah dipicu kenaikan imbal hasil obligasi AS
Baca juga: Rupiah Senin berpeluang menguat ditopang surplus neraca perdagangan

 

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021