Lombok Tengah (ANTARA) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto mengatakan bahwa pihaknya sudah merekomendasikan ada satuan polisi khusus yang bertugas dalam pengamanan di kawasan Mandalika.

"Kami sudah beri rekomendasi pimpinan Polri untuk membentuk satuan kepolisian kawasan pariwisata super prioritas di Mandalika," kata Komjen Pol Arief di Lombok Tengah, Kamis.

Rekomendasi demikian, lanjutnya, juga telah ditindaklanjuti oleh Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Polri berencana bentuk pola pengamanan khusus ajang balap di Mandalika

Baca juga: Kabaharkam cek kesiapan pengamanan WSBK di kawasan Mandalika

Baca juga: Kantor Berita ANTARA dipercaya kelola "media center" WSBK Mandalika


Aspek pertimbangannya dilihat dari pengamanan rutin kepolisian yang tidak bisa disetarakan dengan dunia wisata. Menurut dia, harus ada penyesuaian di lapangan yang lebih inovatif dan humanis.

Karena itu, Kabaharkam menilai pengamanannya harus dilaksanakan secara tepat, baik dari kesiapan personel, perlengkapan dan fasilitas penunjang pengamanan kawasan wisata.

"Tinggal nanti bagaimana dikoordinasikan, agar pengamanan di sini betul-betul ditangani secara khusus oleh satuan kepolisian kawasan yang memiliki kompetensi perlengkapan dan cara bertindak yang tepat," ujarnya.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021