Bandung (ANTARA) - PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) menyalurkan total dana Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp 9,73 miliar hingga akhir Oktober 2021.

“Program TJSL Asuransi Jasindo difokuskan pada empat pilar, yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, serta hukum dan tata kelola, sesuai dengan sustainable development goals yang dicanangkan pemerintah,” ujar Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo Cahyo Adi dalam Media Gathering di Bandung, Kamis.

Lebih lanjut, dikatakan pilar sosial telah terserap sebesar Rp 5,69 miliar, pilar ekonomi Rp3,23 miliar, dan pilar lingkungan Rp801 juta.

Asuransi Jasindo disebut juga fokus dalam program perikanan dengan memberikan pendanaan usaha mikro dan usaha kecil (PUMK) kepada petani rumput laut sebesar Rp2 miliar dan peternak sapi sebesar Rp1 miliar.

Selain itu, ia merencanakan program peningkatan klaster sapi perah di Magelang yang akan direalisasikan sebesar Rp300 juta.

“Program itu sejalan dengan penugasan pemerintah di Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) yang dijalankan oleh Jasindo. Melalui program itu, kami melakukan peningkatan literasi AUTS kepada para peternak sapi,” ungkap Cahyo.

Dalam sektor kesehatan, perusahaan tersebut menyumbangkan Mobil Sehat Asuransi Jasindo dan obat-obatan sebesar Rp200 juta sebagai upaya mendukung sarana pelayanan kesehatan di pedalaman yang aksesnya sulit menuju tempat pelayanan, serta jumlah tenaga medis yang masih kurang dan kurang merata.

Adapun fasilitas dari mobil sehat ialah memiliki tempat periksa, alat kesehatan, dan alat gawat darurat medis dengan dukungan tenaga kesehatan.

“Sasaran Mobil Sehat Asuransi Jasindo adalah 10.000 penerima manfaat,” sebutnya.

Di tahun pertama yaitu Juni 2021 sampai Juni 2022, Mobil Sehat Asuransi Jasindo akan memulai perjalanan ke beberapa provinsi seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Masyarakat dinyatakan dapat melakukan pemeriksaaan dan pengobatan kesehatan secara gratis, meliputi pemeriksaan dan pengobatan kesehatan umum untuk lansia, program penanganan stunting untuk balita dan orangtua, penyuluhan kesehatan untuk lansia, penyuluhan stunting untuk orang tua balita, dan penyuluhan vaksin dalam rangka pencegahan COVID-19.

Asuransi Jasindo juga berencana untuk melaksanakan program 1.000 vaksin COVID-19 yang akan dilaksanakan pertengahan Desember 2021.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021