Bandung (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyebut bahwa kunci pertumbuhan ekonomi 2022 adalah pengendalian COVID-19 dan Indonesia berpotensi jadi pusat industri halal dunia menjadi pemberitaan sektor perekonomian yang menarik kemarin. Simak rangkuman berita lainnya.

 

Presiden: Kunci pertumbuhan ekonomi 2022 hanya pengendalian COVID-19

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kunci pertumbuhan ekonomi pada 2022 hanya satu yakni keberhasilan mengendalikan pandemi COVID-19, di tengah ketidakpastian dan kompleksitas masalah yang masih membayangi dunia.

“Kita semuanya harus antisipasi, harus mempersiapkan diri harus hati-hati, tetapi juga tidak usah terlalu ketakutan. Yang paling penting menurut saya kunci ekonomi di tahun 2022 hanya satu kuncinya, kita bisa mengendalikan yang namanya COVID-19,” kata Presiden Jokowi dalam seminar Kompas100 CEO Forum disaksikan di Jakarta, Kamis.

 

Menko Airlangga: Tahun 2022 jadi momen emas RI akselerasi ekonomi

 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai tahun 2022 menjadi momen emas Indonesia untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, sehingga Indonesia diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai peluang yang ada.

"Walaupun masih ada tantangan terkait COVID-19 dan variannya, namun hal itu dapat dimitigasi,” ungkap Menko Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis

 

Biayai APBN 2021, BI telah beli SBN Rp143,32 triliun hingga November

 

Bank Indonesia (BI) mencatat telah melakukan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) untuk pendanaan APBN sebesar Rp143,32 triliun hingga November 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo dalam jumpa pers hasil RDG di Jakarta, Kamis, mengatakan pembelian SBN tersebut terdiri dari Rp67,87 triliun melalui lelang utama dan Rp75,46 triliun melalui mekanisme Greenshoe Option (GSO).

 

Sri Mulyani: Demografi hingga perubahan iklim jadi tantangan 2045

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Indonesia memiliki berbagai tantangan yang cukup kompleks saat menyambut Hari Kemerdekaan ke-100 tahun pada 2045 yakni mulai dari demografi, urbanisasi, hingga perubahan iklim.

“Ini tantangan seperti demografi naik, climate change dan belum lagi urbanisasi yaitu banyak masyarakat yang bekerja di perkotaan,” katanya dalam acara Ministry of Finance Festival 2021 di Jakarta, Kamis.

 

Menperin sebut Indonesia bisa jadi pusat industri halal dunia

 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan Indonesia bisa menjadi pusat industri halal dunia mengingat potensi yang ada sangat mendukung hal itu.

Saat menjadi pembicara dalam utama dalam Focus Group Discussion (FGD) Global Halal Hub di Jakarta, Kamis, Menperin menyatakan prihatin sektor industri halal dunia dikuasai negara-negara lain, padahal Indonesia memiliki potensi besar.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021