Capaian kinerja ini membawa semangat bagi perseroan untuk menyelesaikan kinerja akhir tahun 2021 yang lebih baik lagi
Denpasar (ANTARA) - PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) mencatatkan pertumbuhan laba pada September 2021 sebesar 30 persen dari Rp69,7 miliar di September 2020 menjadi Rp90,5 miliar.

"Capaian kinerja ini membawa semangat bagi perseroan untuk menyelesaikan kinerja akhir tahun 2021 yang lebih baik lagi," ungkap Direktur Utama IPCM Amri Yusuf dalam Media Gathering di Denpasar, Bali, Jumat.

Selain itu, ia menyebutkan pendapatan IPCM juga tercatat meningkat 18 persen menjadi sebesar Rp600 miliar pada September 2021 dari Rp 510 miliar di September 2020, dengan rincian pendapatan tunda dan pandu masing-masing 18 persen dan 76 persen.

Upaya meningkatkan usaha di luar wilayah operasi Pelindo sebagai perusahaan induk IPCM pun juga menunjukkan hasil yang positif dengan kontribusinya terhadap total pendapatan dari 13 persen di tahun 2020 menjadi 23 persen di tahun 2021.

Usai merger Pelindo, IPCM kini tengah melakukan penyelarasan bisnis dengan bisnis model kelompok usaha Pelindo yang baru, selain itu perseroan terus melanjutkan penerapan tiga strategi utama meliputi peningkatan daya saing, ekspansi bisnis secara organik maupun anorganik, serta meningkatkan kinerja operasional dan keuangan.

"Perseroan secara aktif dan konsisten melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk perluasan pasar, termasuk untuk melayani Terminal Khusus maupun Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang lebih banyak. Upaya itu ditempuh dalam dua cara, yaitu penetrasi terhadap market eksisting di pelabuhan-pelabuhan umum dan ekspansi pada pasar baru.” ujar Amri.

Saat ini, ia menilai IPCM berada dalam posisi yang kuat untuk melakukan ekspansi karena didukung dengan likuiditas yang terjaga, tingkat leverage yang masih rendah dan rasio keuangan lain yang secara umum baik, serta didukung dengan pemegang saham utama yang menjadi lebih besar.

Selaras dengan peningkatan kinerja, perseroan juga terus meningkatkan kapabilitas dan kapasitas sistem informasi dan teknologi, baik untuk mendukung proses kerja maupun untuk mendukung pengembangan layanan, bekerja sama dengan kelompok usaha Pelindo serta pihak-pihak lainnya yang dimungkinkan.

Amri menambahkan, pihaknya turut senantiasa berupaya meningkatkan penerapan Environmental Social and corporate Governance (ESG) yang lebih baik, yang ditunjukkan dengan pencapaian pada apresiasi berstandar Global Reporting Initiative (GRI) ESG Disclosure Awards 2021 kategori rating Commitment C dan perolehan SNI Award 2021 kategori Silver untuk Perusahaan Jasa Klasifikasi Besar.

Baca juga: IPCM teken MoU bidang layanan kapal dengan Pelindo Marine Service
Baca juga: Jasa Armada bukukan laba Rp33 miliar triwulan I-2021
Baca juga: IPCM optimistis pendekatan pasar baru berkontribusi positif tahun ini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021