Jakarta (ANTARA) - Pandemi mendorong digitalisasi berkembang pesat, dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyesuaikannya dengan mengoptimalkan aset digital mereka seperti Call Center Halo Suzuki (0800 1100 800), SERA (Suzuki Emergency Road Assistance), aplikasi MySuzuki dan website resmi untuk strategi sales mereka.

Service Asst. to Dept. Head PT SIS, Hariadi, mengungkapkan bahwa dengan hadirnya kemudahan yang dihadirkan oleh Suzuki melalui berbagai platform digitalnya membuat permintaan untuk service kendaraan semakin meningkat.

"Peningkatan permintaan service ini juga terjadi karena adanya kemudahan dan keamanan pelayanan melalui platform digital yang dioptimalkan Suzuki, seperti Halo Suzuki dan SERA (Suzuki Emergency Road Assistance)," ungkap Hariadi di ICE BSD, Tangerang, Jumat.

Selain itu, Hariad juga menambahkan bahwa dengan mobilitas yang dibatasi juga menjadi point penting bagi peningkatan pelayanan service kunjungan selama pandemi kemarin.

Baca juga: Suzuki Indonesia diretas, pabrik sempat terhenti dua hari

"Hal ini karena banyaknya kendaraan yang lama tidak terpakai dan hendak dipakai sehingga harus melalui screening service terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah ketika digunakan dan mesin dapat bekerja secara optimal," kata dia.

Dalam hal ini, Suzuki sudah memiliki 462 bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk service mobil dan sepeda motor, Suzuki telah melayani 1.041.571 unit intake yang terdiri dari 770.985 mobil di total 234 bengkel dan 270.568 sepeda motor di total 228 bengkel.

Hariadi menginformasikan bahwa sebanyak 39 persen masuk kategori perbaikan ringan, sebanyak 60 persen masuk dalam kategori menengah dan sebanyak dua persen masuk dalam kategori berat.

Selain memberikan kemudahan dalam hal perbaikan, aplikasi MySuzuki juga dapat dilakukan untuk membeli suku cadang yang dibutuhkan oleh konsumen untuk memperbaiki kendaraan konsumennya dengan cara yang mudah dan kekinian.

Baca juga: Maruti Suzuki akan pangkas produksi karena krisis chip

"Pemilik kendaraan Suzuki dapat melakukan transaksi pembelian suku cadang asli, seperti suku cadang mesin, transmisi, kelistrikan, suspensi, bodi, pembelian oli dan chemical Suzuki," jelas dia.

Dengan adanya kemudahan pembelian melalui aplikasi, Suzuki mengumumkan bahwa mereka memiliki peningkatan yang cukup pesat. Peningkatan sebesar 33 persen dalam penjualan spare parts mobil & sepeda motor yang didominasi oleh Suzuki Genuine Parts dan Suzuki Genuine Oil.

Suku cadang yang sudah dibeli lewat aplikasi MySuzuki dapat dikirim langsung atau diambil dari diler terdekat. Saat ini, diler-diler yang melayani pengiriman suku cadang masih berada di area Jabodetabek, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

"Suzuki juga dapat melakukan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan jaminan sistem 1 harga atau tidak ada perbedaan harga suku cadang dari Sabang sampai Merauke," tambah dia.

Sebagai informasi tambahan, sepanjang tahun 2021, Suzuki mencatat transaksi melalui MySuzuki mengalami peningkatan positif sebanyak 33 persen.

Baca juga: All New Ertiga Suzuki Sport FF resmi mengaspal di GIIAS 2021

Baca juga: Intip sepeda motor baru yang mejeng di GIIAS

Baca juga: Suzuki GIXXER SF 250 masuk Indonesia, harga Rp49,3 juta
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021