Satgas TNI dan Puskesmas Ubrub layani posyandu di perbatasan RI-PNG

Satgas TNI dan Puskesmas Ubrub layani posyandu di perbatasan RI-PNG

Personel Satgas Pamtas Yonif mekanis 403/WP memberikan layanan Posyandu di perbatasan RI-PNG. ANTARA Papua/HO-Pendam XVII.

Salah satu langkah yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan anak dalam bentuk pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan
Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Ubrub bekerjasama dengan Puskesmas Ubrub memberikan layanan kesehatan posyandu untuk balita dan anak di perbatasan RI-PNG Kampung Umuaf, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan layanan kesehatan anak dan balita menjadi perhatian utama bagi pemerintah karena merupakan generasi penerus bangsa sehingga membutuhkan penanganan khusus agar kesehatannya  terjamin.

"Salah satu langkah yang dilakukan dengan memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatan anak dalam bentuk pencegahan penyakit, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan," kata Letkol Ade.

Diakuinya, wujud nyata dari upaya meningkatkan derajat kesehatan pada balita dan anak dengan melalui program posyandu khususnya bagi warga yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG.

Letkol Ade menjelaskan kegiatan posyandu memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan balita, ibu-ibu hamil dan anak-anak

"Posyandu juga memberdayakan para ibu untuk memperhatikan kesehatan balita dan anak-anaknya melalui pola konsumsi keluarga. Kali ini dengan menggandeng Puskesmas Ubrub, tim kesehatan kami mendapat dukungan untuk menyiapkan vitamin dan suplemen penambah darah bagi ibu dan untuk anak-anak diberikan vitamin A serta Imunisasi DPT,” jelas dia.

Ia berharap, kehadiran Puskesmas Ubrub yang berkolaborasi dengan tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Ubrub dapat mempererat hubungan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat di wilayah perbatasan.

Sementara itu, Desi (31) salah satu bidan desa Ubrub mengatakan kegiatan posyandu ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan  timnya bekerjasama dengan Satgas TNI.

"Saya mengapresiasi hadirnya TNI yang turut mengajak, mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan ini. Kami sangat senang dan merasa bangga dengan bapak-bapak TNI yang telah rela dan berkenan menghubungi kami untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan Posyandu di Kampung Umuaf ini,"ujarnya.

Desi berharap dengan adanya kolaborasi bersama bapak-bapak TNI dalam pelaksanaan posyandu ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Semoga kedepan kegiatan kolaborasi seperti ini dapat terus ditingkatkan,”ujarnya.
Baca juga: Pangdam I Bukit Barisan tinjau Satgas Pamtas Yonif 131/Brs di Papua
Baca juga: Satgas TNI patroli cek patok batas negara RI-Papua Nugini MM 2.2
 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar