Lombok Tengah (ANTARA) - Race 1 World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika diundur satu hari menyusul cuaca buruk pada Sabtu sore.

Dijadwalkan start pukul 15:00 WITA, Race 1 harus ditunda setelah hujan deras turun menjelang start pada Sabtu sore.

Para pebalap telah berada di grid, bersiap-siap untuk start, namun 12 menit jelang start race director menunda balapan karena cuaca buruk.

Baca juga: Race 1 WSBK di Mandalika ditunda karena cuaca buruk

Karena kondisi trek yang tak kunjung membaik dan hujan masih turun deras, pada pukul 16:00 panitia memutuskan untuk membatalkan segala kegiatan yang tersisa pada hari ini, yaitu Race 1 WSBK dan Race 3 Idemitsu Asia Talent Cup.

Panitia mengeluarkan jadwal baru dengan Race 1 WSBK akan dimulai pukul 11:00 pada Minggu dilanjutkan Race 3 IATC sepanjang 12 lap pada pukul 12:30, didahului dengan sesi warm up kedua kelas tersebut.

Sedangkan Race 2 WSBK dan Race 2 WorldSupersport dikonfirmasi tetap digelar pada Minggu dengan jadwal menyusul.

Pemuncak klasemen sementara World Superbike Toprak Razgatlioglu akan berupaya mengunci gelar juara dunia musim ini dari pole position di Race 1 setelah tampil tercepat di babak kualifikasi Tissot Superpole di Sirkuit Mandalika, NTB, Sabtu.

Pebalap tim Pata Yamaha with Brixx WSBK itu mencetak waktu tercepat 1:32,877, yang menjadi rekor baru Sirkuit Mandalika, di saat para pebalap lain tak mampu menembus 1 menit 33 detik.

Rival terdekat dari pebalap Turki itu, Jonathan Rea harus puas dengan P2 setelah terpaut 0,324 detik sementara Scott Redding dari tim Aruba.it Ducati melengkapi baris terdepan di P3 dengan jarak 0,379 detik dari polesitter.

Baca juga: Furusato kunci gelar juara Asia Talent Cup di Mandalika

Juara dunia bertahan Rea siap tampil habis-habisan dalam seri penutup musim World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika akhir pekan ini guna menghentikan upaya Razgatlioglu mencuri titel pertamanya.

Rea tiba di sirkuit yang berlokasi di pesisir selatan Lombok, NTB, itu dengan defisit 30 poin dari rival utamanya tersebut, sedangkan 62 poin maksimal tersisa dari dua balapan dan satu Superpole race akhir pekan ini.

Razgatlioglu akan mengamankan titel musim ini apabila finis pertama di Race 1 dan Rea finis ketiga atau lebih rendah. Finis runner-up juga cukup bagi sang pebalap Turki untuk mencuri gelar apabila Rea finis keempat atau lebih rendah.

Lebih dini pada hari ini, pebalap Jepang Taiyo Furusato mengunci gelar juara Idemitsu Asia Talent Cup setelah memenangi balapan kedua seri penutup musim ini di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Furusato, yang mendominasi musim ini dengan menyapu bersih kemenangan di lima race sebelumnya, tiba di Race 2 babak ketiga di Sirkuit Mandalika dengan keunggulan 46 poin atas pebalap Malaysia Danial Sharil.

Baca juga: Razgatlioglu amankan pole position Race 1 di Sirkuit Mandalika

Balapan sempat ditunda beberapa menit karena kondisi cuaca sehingga dipangkas empat putaran menjadi 12 lap saja.

Furusato, yang bakal membalap di Moto3 tahun depan sebagai tandem pebalap Indonesia Mario Suryo Aji di Honda Team Asia, terlibat duel ketat dengan Sharil di lap terakhir memperebutkan posisi terdepan.

Sang pebalap Malaysia sempat mencuri posisi namun melebar sehingga Furusato dengan mudah merestorasi posisinya sebagai pimpinan lomba menuju tiga tikungan terakhir hingga finis pertama di depan Sharil.

Gun Mie melengkapi podium di peringkat tiga, mengulangi formasi tiga pebalap yang naik podium balapan sebelumnya pada Jumat.

Sementara Raffaelle de Rosa dari tim Orelac Racing merebut kemenangan perdananya di World Supersport setelah memenangi race 1, setelah menahan gempuran juara dunia musim ini Dominique Aegerter di lap terakhir demi tempat di podium teratas, sedangkan pebalap tim VFT Racing Federico Caricasulo melengkapi podium di peringkat tiga.

Baca juga: De Rosa menang perdana WSSP, Galang Hendra gagal finis di Mandalika

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021