Jakarta (ANTARA) - Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Toyota di perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), didominasi oleh All New Veloz dan All New Avanza.

"Data yang dikumpulkan hingga kemarin, 19 November 2021 adalah 3.818 unit dan kontribusi 5 besar adalah All New Veloz 701 unit lalu All New Avanza sebesar 667 unit," kata Anton dalam jumpa pers, Sabtu.

Lebih lanjut ada Toyota Raize dengan 607 unit, diikuti Innova dengan 508 unit, dan Fortuner dengan 437 unit.

Ketika ditanya seperti apa SPK dua mobil terbarunya yang merupakan dua kontribusi teratas Toyota itu secara keseluruhan di Indonesia, Anton mengatakan pihaknya masih perlu menunggu setidaknya satu pekan lagi untuk melihat animo masyarakat dan kinerja penjualannya.

Baca juga: Bawa Minicab MiEV ke GIIAS, MMKSI pelajari peluang LCV listrik

"Launching All New Avanza dan All New Veloz ini baru saja mulai di sejumlah daerah. Untuk melhat animo real-nya, kita tunggu minggu depan," kata Anton.

"Tapi, review dari GIIAS saja pertumbuhan animo masyarakat untuk All New Avanza dan Veloz sudah sangat besar," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Toyota resmi meluncurkan All New Avanza dan Veloz. Keduanya hadir dengan sejumlah perubahan dan peningkatan fitur, termasuk pada sistem penggerak. Avanza dan Veloz terbaru tak lagi berpenggerak roda belakang, berganti menggunakan penggerak roda depan.

Toyota menyebut perubahan tersebut sebagai transformasi platform Full Engine – Front Wheel Drive (FF), yang dikombinasikan dengan suspensi baru.

Transformasi tersebut diklaim mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang lebih prima.

"Di tahun ini ada beberapa produk yang kami lakukan improvement seperti Avanza dan Veloz, dengan memperhatikan tren teknologi di pasar, kompetisi, dan kebutuhan konsumen. Kita terus berikan banyak pilihan seperti LCGC, SUV, dan lainnya," kata Anton.

Selain memboyong kendaraan-kendaraan dengan motor bakar pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE), Toyota juga menghadirkan mobil bertenaga listrik.

Sementara itu, GIIAS 2021 masih berlangsung hingga 21 November 2021.

Baca juga: Kondisi ekonomi & COVID-19 faktor utama prediksi tren otomotif 2022

Baca juga: Pemerintah dorong masyarakat manfaatkan insentif PPnBM

Baca juga: Aura racing yang kian kuat pada lima model Toyota GR Sport Indonesia
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021