anak-anak di Magetan yang punya keinginan kuliah di Unesa cukup di Kampus Unesa yang ada di Magetan
Magetan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menyerahkan aset negara berupa tanah ke Universitas Negeri Surabaya (Unesa) guna menunjang pelaksanaan Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) perguruan tinggi tersebut di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan aset berupa tanah yang diserahkan tersebut berlokasi di Kecamatan Maospati dengan luas mencapai 13,5 hektare.

"Momentum kerja sama Pemkab Magetan dengan Unesa untuk mendirikan PSDKU Unesa di Maospati ini merupakan hari yang bersejarah. Direncanakan, tahun depan siap dibuka," ujar Bupati Suprawoto saat kegiatan penandatangan naskah hibah dan berita acara serah terima barang milik negara dari Pemkab Magetan kepada Unesa di Aula Resto Kintamani Sarangan, Magetan, Sabtu.

Baca juga: Unesa tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi 2021

Menurut dia, adanya Kampus Unesa di Magetan tersebut untuk meningkatkan percepatan pendidikan di wilayah Jawa Timur bagian barat.

"Semoga dengan adanya Kampus Unesa di Magetan dapat membantu anak-anak yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi agar tidak usah jauh keluar Magetan. Dengan pembukaan PSDKU Unesa di Magetan, anak-anak di Magetan yang punya keinginan kuliah di Unesa cukup di Kampus Unesa yang ada di Magetan," kata Bupati.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes menyampaikan terima kasih kepada Bupati Magetan Suprawoto atas kerja sama yang terjalin untuk mendirikan kampus di Magetan.

Baca juga: Unesa berikan beasiswa atlet peraih medali di PON XX Papua

Hal itu sesuai dengan motto Unesa yakni untuk selalu "Satu Langkah Di depan". Sehingga dengan kerja sama tersebut sudah selayaknya Unesa bersumbangsih dalam meningkatkan percepatan pendidikan di Jawa Timur, salah satunya melalui PSDKU di Magetan.

"Terima kasih kepada Bupati dan jajarannya  atas tahapan yang sudah dilalui. Semoga ke depannya diberikan kemudahan, dan satu frekuensi untuk kemajuan dan peningkatan SDM utamanya di Kabupaten Magetan," kata Nurhasan.

Baca juga: BPJS Kesehatan gandeng UNESA dorong pengembangan JKN-KIS

Sesuai rencana, PSDKU Unesa di Magetan akan membuka sejumlah program studi yaitu, Strata 1 (S1) Ilmu Olahraga, S1 Matematika, dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Kegiatan penandatangan naskah hibah dan berita acara serah terima barang milik negara dari Pemkab Magetan kepada Unesa dihadiri oleh Bupati Magetan, Rektor Unesa beserta jajaran, Wakil Bupati Magetan, Sekda Kabupaten Magetan, Kepala OPD, Wakil Ketua DPRD Magetan dan jajaran.

Baca juga: Pangkoopsau II tinjau serbuan vaksinasi COVID-19 di Magetan


 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021